0 views

Halal Bihalal Handoyo dengan Dinkes

HARIANFOKUS.com-Bupati Tulangbawang Ir. Hanan A Rozak MS dan Wakil Bupati Heri Wardoyo menghadiri rapat koordinasi dan halal bihalal dengan Dinas Kesehatan bersama Puskesmas se- Kabupaten Tuba di Kampung Penawarjaya, Kecamatan Banjar Margo, Selasa (19/07).

Dalam sambutanya, Hanan A Razak mengucapkan selamat idul fitri dan meminta maaf kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Tuba selama dirinya dan wakil bupati memimpin.

Hanan juga mengungkapkan pentingan peran dinas kesehatan dan puskesmas dalam laju pertumbuhan disuatu daerah.

“Selain itu saat ini angka kematian tahun 2014 sebanyak 14 orang, kemudian di tahun 2015 terdata 4 orang dan di tahun 2016 ada 2 kasus kematian ibu dan anak dari bulan Januari sampai bulan Mei artinya kematian ibu dan anak dapat di tanggulangi sehinggga kemudia angka harapan hidup, angka pesakitan hidup meningkat,” terang Hanan.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr Herry Novrisal, menuturkan rapat koordinasi ini adalah salah satu kegiatan rutin setiap bulan, namun dibuat secara regional di setiap kecamatan, karena akan mengejar akreditasi Puskesmas.

“Ada tiga puskesmas yang saat ini tengah di persiapkan dan telah diproses dimana statusnya akan di tingkatkan akreditasi, yakni Puskesmas Menggala, Puskesmas Tuba satu Kecamatan Banjar Agung dan Puskesmas Penawar Jaya kecamatan Banjar Margo,” jelas Dr Herry Novrizal.

Oleh karena itu, lanjut dr Herry Novrizal, bahwa Dinas Kesehatan Tulang Bawang berkomitmen akan terus meningkatkan mutu pelayanan baik melalui kader Posyandu, dan melalui Pustu dan Puskesmas.

“Peningkatan mutu pelayanan kesehatan Dinas kesehatan adalah harapan kita semua melalui rakor-rakor yang di adakan di harapakan setiap kepala puskesmas dapat melaporkan kendala -kendala yang tengah di hadapi sehingga kami dari dinas kesehatan dapat cepat tanggap menanganinya,” jelasnya.

Ditambahkan dr Herri Novrizal, bahwa di awal Juni ini pihaknya telah memprogramkan rumah singgah. Fungsinya untuk ibu-ibu hamil yang akan melakuan persalinan di RSUD Menggala satu minggu sebelum kelahiran nantinya sang pasien telah di persiapkan ruangan makan minum dan transportasi.

“Nantinya pasien ibu hamil yang ada kendala saat persalinan, dimana khusus ibu- ibu yang ada kendala, jadi satu minggu saat proses persalinan pihak RSUD Menggala dapat memantau kondisi pasien, untuk rumah singgah tersebut di bangun di area RSUD Menggala,” tutupnya.

Rapat koordinasi dan agenda halal bihalal itu juga dihadiri oleh kepala dinas kesehatan dr Heri Novrizal, sekertaris Rahmad Saputra, Asisten, beberapa kepala satker Pemkab Tulangbawang serta kepala puskesmas se – Kabupaten Tulang Bawang. (saidi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *