45 views

Dinas Pertanian Tuba Bangun 45 Unit Sumur Bor

HARIANFOKUS.com- Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang melalui Dinas Pertanian mengadakan kegiatan pembangunan fasilitas sumur bor yang sebanyak 45 unit di Tahun 2016 ini. Sumur bor tersebut akan dibangun didaerah yang wilayahnya mayoritas pertanian sebagai bentuk antisipasi kekeringan pada saat musim kemarau.

Pembanguan 45 sumur bor itu akan tersebar di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Rawa Jitu, Gedung Meneng, Dente Teladas, Penawar Tama, Banjar Baru dan Gedung Aji, serta Rawa Pitu.

Kepala Dinas Pertanian Tuba, Nurmansyah Rani mengatakan, pembanguan 45 titik sumur bor tersebut bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN, yang di peruntukan terhadap lahan pertanian sawah tadah hujan dan pasang surut.

“Tujuanya untuk menanggulangi musim kemarau yang berkepanjangan sehingga membuat petani sawah tadah hujan dan pasang surut tidak susah dalam pengairannya,” kata dia kepada harianfokus.com, Senin (25/7).

Dengan begitu diharapkannya, persoalan kemarau bukan menjadi halangan petani untuk bercocok tanam. Sehingga, swasembada pangan sesuai nawacita Jokowi-JK dapat segera terwujud.

“Semoga swasembada pangan dapat terus meningkat,” ungkapnya.

Diakui, Nurmansyah untuk saat ini, Tuba meruapakan salah satu daerah penyumbang beras terbesar di Lampung.

“Dalam peningkatan sektor pertanian sendiri harus diimbangi dengan pengairan yang cukup, yang mana pada musim musim kemarau para petani sendiri kesulitan untuk mengaliri arial persawahanya, dan solusi terbaik adalah pembuatan sumur bor,” jelasnya. (saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *