0 views

Ridho Buka KTNA Lampung di Tuba

HARIANFOKUS.com-Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membuka secara resmi pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XV Tingkat Propinsi Lampung yang digelar di Kabupaten Tulangbawang, Selasa siang(2/8).

Suasana pembukaan PEDA yang dipusatkan di Lapangan Kampung Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung tersebut, berlangsung meriah. Ribuan orang memadati lokasi pembukaan yang terdiri dari peserta PEDA sekitar 1.500 orang, tamu undangan dari 15 Kabupaten/Kota 300 orang, serta berbagai unsur masyarakat Tuba sekitar, yang antusias untuk ikut menyaksikan pembukaan PEDA KTNA Lampung di daerahnya selaku tuan rumah.

1
Bupati Tulangbawang, Hanan A Rozak saat memberikan sambutan pembukaan KTNA Lampung di Tuba.

Selain, Ridho hadir juga Ketua DPRD Lampung Dedi Aprizal, Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pertanian Provinsi Lampung, Djoko Umar Said, Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak dan Heri Wardoyo, Ketua TP PKK Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak, beberapa Bupati/Walikota se-Lampung, Forkopimda, Ketua KTNA Lampung, Kaslan, KTNA Kabupaten/Kota, Pejabat Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Lampung, serta Camat, Kepala Kampung dan BPK, wartawan, Gapoktan, Pokmas, dan tokoh masyarakat di Tuba.

Ketua KTNA Lampung Kaslan melaporkan PEDA diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota se-Lampung, dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembukaan dan penutupan, pemberian penghargaan kepada petani maupun masyarakat dan pejabat yang berjasa dan berprestasi di bidang pembangunan pertanian, Temu Wicara, Sarasehan, Pameran dan Promosi, Lomba Cerdas Cermat, Widyawisata, Karya Wirausaha Petani dan Nelayan, serta kegiatan Olahraga dan Keakraban.

Para pemenang lomba pada PEDA ini menurut Ketua KTNA Lampung, akan dipersiapkan untuk mewakili Lampung mengikuti PENAS tahun 2017 di Propinsi Aceh. 6-11 Mei 2016.

“Kami pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Propinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, serta berbagai pihak yang mendukung kesuksesan acara PEDA KTNA Lampung,” ucapnya.

3
Gubernur Lampung M Ridho Ficardho didampingi Bupati Tuba Hanan A Rozak dan petinggi di Lampung.

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak mengatakan, Kabupaten Tulang Bawang selaku tuan rumah telah berupaya seoptimal mungkin untuk mensukseskan Pekan Daerah KTNA ke-15 Lampung.

Terkait potensi sumberdaya alam yang dimiliki daerahnya, Bupati pun menyampaikan Tulang Bawang dapat menjadi salah satu daerah agribisnis potensial di Lampung. Mengingat sebagian besar masyarakatnya berusaha pada sektor pertanian.

“Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang berkomitmen, akan terus meningkatkan pembangunan pertanian tanaman pangan, kehutanan, peternakan dan perikanan untuk mewujudkan kesejahteraan petani-nelayan dan masyarakat, serta tentunya dengan terus menjalin kerjasama, koordinasi, dan sinergi yang baik dengan program Pemerintah Propinsi Lampung dan Pemerintah Pusat,” kata dia.

Karenanya berkenaan dengan beberapa permasalahan yang ada, Bupati pun menyampaikan harapannya kepada Gubernur agar Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Pusat dapat terus memberikan perhatian dan dukungannya kepada Kabupaten Tulang Bawang.

“Demikian pula kepada KTNA Nasional, Provinsi dan KTNA daerah, agar ke depan peran KTNA dapat terus ditingkatkan, baik sebagai mitra dalam mendukung kesuksesan program pemerintah, maupun sebagai penyuluh dan pembina petani-nelayan” harap Bupati.

2Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir, berharap peserta PEDA dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman sesama peserta, untuk menambah semangat baru yang lebih maju dan mandiri. Sehingga menurutnya diharapkan nantinya Lampung juga dapat meraih prestasi terbaik pada PENAS di Aceh tahun depan.

Pada pembukaan PEDA tersebut, juga diserahkan sejumlah penghargaan kepada pegawai penyuluh teladan dan masyarakat petani-nelayan yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan dan kehutanan di wilayah Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tulangbawang yang daerahnya menjadi tuan rumah PEDA KTNA Lampung.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, peran penyuluh dan perjuangan petani nelayan sangat penting dalam menurunkan angka kemiskinan di Lampung.

Pemprov Lampung telah menggulirkan berbagai program bantuan untuk memacu pembangunan pertanian, diantaranya bantuan ratusan pompa air untuk petani, yang terus dilaksanakan. Dan petani diharapkan dapat mengusulkan kebutuhannya.

“Berapapun yang dibutuhkan petani akan saya sediakan,” kata Gubernur yang disambut tepuk tangan riuh peserta PEDA KTNA.

Selain itu Pemerintah Propinsi juga telah memprogramkan beasiswa bagi anak-anak petani berprestasi yang kurang mampu.

Gubernur pun berpesan kepada penyuluh pertanian, agar terus menjaga semangat petani nelayan.

“Para petani harus kita jaga dan tingkatkan hasil-hasilnya” kata Gubernur.

Apalagi kata Gubernur saat ini di Lampung telah terjadi peningkatan surplus hasil pertanian yang signifikan, bahkan berhasil mengalahkan Propinsi Jawa Barat.

Pembukaan PEDA KTNA ke-15 Lampung di Tulang Bawang secara resmi kemudian ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo.(ist/saidi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *