153 views

Bupati dan Tokoh Adat Tuba Sambut Anjau Silau Kapolda Lampung

HARIANFOKUS.com-Kapolda Lampung Brigjend Pol. Ike Edwin gelar Gusti Batin Mangku Negara melakukan silaturahmi atau dalam bahasa Lampung disebut Anjau Silau. Kehadiran salah satu tokoh adat kerajaan Sekala Brak itu sebagai bentuk silaturahmi dengan tokoh adat di Tulangbawang yang diundang langsung oleh Herman TB, sekaligus yang mempunyai hajat pemberian gelar adat cakak/nako pepadun (pemberian gelar adat), Selasa (9/8).

Pemberian gelar adat sekaligus resepsi pernikahan putra Herman TB berlangsung di kediamannya Jl. Lintas Timur, Kampung Lebuh Dalem, Kecamatan Menggala Timur.

Kedatangan Kapolda Lampung, disambut dengan upacara adat dan arak-arakan warga, sebagai bentuk wujud tamu kehormatan dan tanda terima kasih telah berkesempatan hadir pada acara salah satu Tokoh Adat Lampung Tuba.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Tuba, Hanan A Rozak, yang bergelar Settan Pembina Adat, selanjutnya Kapolres Tuba, AKBP Agus Wibowo gelar Menak Bhayangkara Marga, serta para tokoh adat Megow Pak Tulangbawang dan tokoh masyarakat setempat.
Hadirnya Dang Gusti Ike Edwin yang bergelar Gusti Batin Mangku Negara ke anjau silau di Tuba, diharpkan mampu mempererat hubungan antara masyarkat di Tuba dengan dengan keluarga besar adat kepaksian Pernong, Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan adat seperti ini, selain dapat melestariakan adat dan budaya yang kita banggakan, juga sekaligus semoga dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama, baik antara Adat Megow Pak Tulang Bawang maupun dengan adat-adat lainya di Provinsi Lampung, begitu pula antara pihak Kabupaten Tuba dan Provinsi semoga komunikasi dapat terus semakin berjalan lancar,” singkat Bupati Tuba, Hanan A Rozak. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *