0 views

Dinas PU Tuba Perbaiki Akses Jalan Perkantoran

HARIANFOKUS.com-Untuk memberikan sebuah kenyamanan bagi para pengguna jalan raya, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang tidak henti-hentinya melakukan terobosan. Melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, pada tahun 2016 ini cukup banyak memprioritaskan rehabilitas sekaligus pelebaran badan jalan bahkan sampai dengan hotmix, salah satunya ruas jalan Cemara Kecamatan Menggala.

Pembangunan dan pelebaran badan jalan yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuba ini dianggap penting Jl. Cemara Kecamatan Menggala merupakan salah satu jalan yang strategis. Sebab, jalan tersebut melintasi beberapa kantor penting di Tuba, seperti Kantor Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri Menggala, serta melintasi kompleks Pemda.

pu 2
Pihak rekanan ketika sedang melakukan perbaikan Jl Cemara di Komplek Pemerintahan setempat.

“Perbaikan peningkatkan dan pelebaran badan Jl.Cemara pada tahun 2016 ini merupakan pembangunan lanjutan, sambungan dari pekerjaan jalan sebelumnya pada 2015 lalu yakni Jl.Cendana dan Jalan Lingkungan Gunung Sakti. Karena kedua jalan tersebut telah selesai dan mulus, sehingga tinggal Jl. Cendana lagi yang dirampungkan,” terang Bing (sapaan akrab Kepala Dinas PU Tuba Ferly Yuledi), Minggu (14/8).

Dilanjutkan Bing, bahwa perbaikan terhadap Jl. Cemara, hasilnya diharapkan dapat dinikmati oleh siapapun pengguna jalan yang melintas.

“Jalan Cemara merupakan jalan yang benar-benar strategis, karena juga merupakan salah satu wajahnya Kota Menggala. Sebab jalan di plosok-plosok kecamatan, di kampung-kampung saja kita bangun dan perbaiki, apalagi Jl. Cemara yang notabene salah satu urat nadi ekonominya Kabupaten Tuba,” ucapnya.

Sementara itu, perlu diketahui pembangunan Jl. Cendana tersebut dalam lelang paket yang dilakukan oleh Dinas PU Tuba melalui LPSE, dimenangkan oleh CV. Citra Buana, dengan nilai Pagu sekitar Rp 4,5 Milyar, dengan volume panjang lebih kurang sekitar 1 Km untuk satu jalurnya, dan jalan tersebut menggunakan 2 lajur kiri dan kanan sehingga sekitar 2 KM panjangnya.

“Pembangunan Jalan Cendana ini, untuk pelebaran jalan dua jalurnya tidak mesti, karena ada yang lebar ada yang kecil, ada yang lebar hingga 4 meter, dan ada pula yang yang di lebarkan hanya 1 meter, tapi jelasnya ada pelebaran di sepanjang 1 KM, atau 2 KM kiri dan kanan,” jelas Efri, satu pihak pelaksana CV. Citra Buana, pekerjaan pembangunan Jl. Cendana.

Dijelaskan Efri, pada pekerjaan Jl. Cendana pada tahun 2016 ini, yaitu melakukan pelebaran dan peningkatan jalan dari onderlagh ke lapen dan dari lapen ke hotmix. Maka dari itu ia berharap adanya banyak dukungan dari seluruh unsur elemen agar dapat selesainya pembangunan jalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Tanpa dukungan dari seluruh unsur, maka tidak akan selesainya pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan yang juga adalah salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten Tuba. Karena infrastruktur jalan adalah akses penunjang perekonomian dan dapat meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya.

Apalagi, pembangunan ruas Jl. Cemara Kecamatan Menggala tersebut terletak di Pusat Kota Menggala, bahkan Kantor Bupati Tuba dan gedung perkantoran lainnya pun ikut berada di Jl. Cemara, dan bahkan untuk menuju gedung-gedung kantor vertikal seperti Kejaksaan dan Pengadilan juga harus melintasi jalan Cemara.

“Maka dari itu pembangunan peningkatan pelebaran dan perbaikan ini adalah prioritas penting, mengingat Jl. Cemara merupakan jalan yang sangat strategis, kalau jalannya tahan lama dan baguskan enak dilihat dan enak saat di lintasi, jadi tolong didukung,” tandasnya. (saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *