9 views

Politisi Demokrat Kawal Perda Anak dan Perempuan

HARIANFOKUS.com- Politisi Demokrat Lampung Hartarto Lojaya menginginkan adanya atau peraturan daerah yang mengatur perlindungan anak serta perempuan di daerah setempat.

Menurut anggota DPRD Lampung Komisi III ini, akhir-akhir ini banyak terjadi kasus kekerasan anak dan perempuan di Lampung. Sehingga, perlu adanya regulasi untuk memeberikan efek jera terhadap pelaku kekerasan.

“Dulu ada penemuan bayi dalam kardus didaerah Panjang. Nah, ini menjadi tugas kita semua untuk mengantisipasi agar kasus semacam ini tidak terjadi lagi,” kata dia belum lama ini.

Keberadaan Perda Perlindungan Anak dan perempuan sambung Politisi Keturunan Tiong Hoa ini, sangat penting dan urgen.

“Harus ada jaminan perlindungan bagi anak dan perempuan yang mengalami tindak kekerasan,” ujarnya.

Untuk membahasa suatu perda, pihak eksekutif terlebih dahulu mengusulkan ke legislatif dan dibahas di Badan Legislasi.

Berdasarkan data Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung (BPPPA) melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) telah menangani 52 kasus per 1 April 2016, di antaranya trafficking (perdagangan orang).

Pada tahun 2015 lembaga itu sudah menangani sebanyak 95 kasus, dan untuk tahun 2016 dalam tiga bulan berjalan telah menangani 52 kasus, yaitu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) 28 korban, pemerkosaan 6 korban, pelecehan seksual 17 korban, dan trafficking 1 orang. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *