13 views

BK Pastikan Peralatan KTP-e Berfungsi dengan Baik

HARIANFOKUS.com-Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus, Selasa pagi (6/9) dikunjungi Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan,S.T. Tujuan orang nomor satu di Tanggamus itu untuk memastikan peralatan perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) berfungsi dengan baik.

Dalam kunjungannya ke Kantor Disdukcapil, bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus Drs.Hi.Mukhlis Basri, Asisten Bidang Administrasi Nur Indrati dan Kasatpol PP Yumin BA.

Turun dari mobil dinasnya, Bambang Kurniawan (BK) langsung menyapa masyarakat yang sedang menunggu proses pembuatan KTP-e. BK juga sempat bertanya-tanya kepada masyarakat, mulai dari lama tidaknya proses pembuatan KTP-e hingga dipungut biaya atau tidak.

Setelah meninjau ruang tunggu pelayanan KTP-e dan KK, bupati beserta rombongan bergerak keruang perekaman data yang terletak dibagian belakang kantor. Disdukcapil Tanggamus sendiri membuka pelayanan perekaman layaknya di kecamatan, hal ini dilakukan untuk mengcover kecamatan, sehingga target perekaman dapat dirampungkan.

Dalam kesempatan itu, bupati juga sempat melakukan perekaman data untuk KTP-e, setelah selesai melakukan perekaman data, tidak sampai lima menit, KTP-e bupati akhirnya tercetak.

BK yang saat dimintai keterangan oleh awak media mengaku, bila kedatangannya ke Disdukcapil untuk mengetahui fasilitas pelayanan yang ada dikantor Disdukcapil.

“Sebenarnya KTP lama saya masih berlaku,dan masa habisnya tahun 2017 mendatang, kedatangan kesini hanya mau melihat fasilitas dan kesiapan petugas kita dalam mengahadapi pelayanan seperti apa?, Sebab pelayanan publik salah satunya kependudukan adalah prioritas Pemkab Tanggamus dibawah kepemimpinan saya,” kata dia.

Ketika dimintai tanggapannya mengenai fasilitas perekaman KTP-e di Tanggamus, khususnya di kantor Disdukcapil, bupati mengakui jika saat ini fasilitas sudah cukup baik, begitu juga dengan tenaga operator.

“Fasilitas sudah cukup baik, peralatan perekaman rata-rata sudah ada disetiap kecamatan, kecuali Kotaagung Timur yang hilang, sehingga masyarakat Kotaagung Timur kalau mau perekaman harus kekantor disdukcapil. Dalam sehari petugas operator KTP-e di Disdukcapil melayani 150 perekaman artinya antusias cukup tinggi,” ujar politisi PDIP ini.

Kemudian terkait ketersedian blangko KTP-e yang jumlahnya terbatas. Bupati meyatakan jika pemkab terus mendesak kepusat agar dapat memenuhi kebutuhan blanko.

“Sekarangkan animo masyarakat tinggi untuk melakukan perekaman KTP-e, pembuatannya juga sebentar tapi antusias tinggi ini terbatas dengan blanko, untuk itu kami mendesak agar blanko di Tanggamus ini dapat terpenuhi, sebab pengadaanya memang dipusat, kita tidak boleh membuat blanko sendiri,” terangnya.

BK juga mengakui jika program Disdukcapil dalam melakukan pelayanan mobile yakni jemput bola perekaman KTP-e sangat membantu, namun disisi lain program itu harus dihentikan karena terbatasnya anggaran yang dimiliki pemda.

“Berbicara anggaran memang terbatas, hal ini karena adanya pemangkasan dana dari pusat, ya, bagaimana kita menyesuaikan saja, dengan terbatasnya anggaran namun tetap memberikanpelayanan terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Tanggamus Irsan Rianto melalui Kabid Kependudukan Riza Husna mengatakan, bahwa jumlah perekaman data mengalami kenaikan. Antusias masyarakat ini lantaran takut akan sanksi berupa penonaktifan pelayanan berbasik NIK seperti BPJS, Paspor dan SIM.

“Dalam satu hari baik itu dikecamatan maupun disini, perekaman mencapai 150 orang perhari dan KTP El yang tercetak rata-rata 200 keping per hari. Untuk data perekaman KTP-el hingga 25 Agustus 332.487 atau 75 persen dari 438.412 wajib KTP. Sementara yang sudah tercetak reguler, sebanyak 56.781,” ujar Riza.

Untuk mencapai target perekaman sampai 30 September mendatang, Disdukcapil membuka pelayanan perekaman sampai Hari Sabtu, baik itu di kecamatan maupun Didisdukcapil itu sendiri.

“Sabtu kami tetap memberikan pelayanan hal ini agar target 30 September semua wajib KTP sudah melakukan perekaman semua,” tandasnya.(odo)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *