Hamdan Zoelva Hidupkan Kembali SI dengan Formulasi Baru

HARIANFOKUS.com- Ketua Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva siap menghidupkan kembali organisasi yang lahir pada zaman penjajahan Belanda ini dengan formulasi baru. Lampung menjadi salah satu provinsi prioritas untuk dibesarkannya kembali organisasi yang lahir untuk melindungi pedagang arab dan pribumi dari diskriminasi pedagang Kolonial Belanda dan China ini.

Zoelva mengatakan, kepengurusan SI di Lampung sebenarnya sudah ada, hanya saja tidak begitu aktif.

“Dahulu pada zaman Belanda, islam itu ya pribumi. Saya ingin SI di Lampung ini lebih besar lagi dan lebih banyak orang lagi,” kata dia saat menggelar pertemuan di Rumah Kayu, Kamis (8/9).

Menurut mantan Hakim Konstitusi di MK ini, untuk masuk pengurus SI tidak dibatasi latarbelakangnya. Namun, SI dipastikan akan menjaga jarak dengan kepentingan politik.

“Sesuai hasil Kongres di Solo lalu, SI akan menjaga jarak dengan kepentingan politik, tapi pengurusnya tidak masalah. SI akan fokus dalam gerakan dakwah ekonomi, sesuai khittahnya,” ungkapnya.

Pria kelahiran Bima, NTB ini menegaskan, SI harus mendukung NU-Muhammadiyah dalam menyiarkan agama islam, melalui dunia pendidikan, dan kesehatan. Tapi, SI perlu brand untuk menghidupkannya kembali dan memperkenalkan kepada masyarakat.

“Kerangka NU-Muhammadiyah sudah jelas kita harus dukung, SI harus punya brand yang lain,” tegasnya.

Sementara, Tokoh NU Lampung, Fajrun Najah Ahmad yang ikut hadir menyampaikan, bahwa acara tersebut merupakan bentuk silaturahmi sesama warga muslim.

“Pertemuan ini adalah silaturahmi dan semoga akan kita tingkatkan kembali,” singkatnya.

Ikut hadir Ketua KNPI Lamtim, Mursalin, Sekjend FP2L, Yuswan, dan Pengrajin Tapis Lampung. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *