15 views

Menjelang Idhul Adha, Harga Sembako di Tanggamus Stabil

HARIANFOKUS.com-Harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H di Kabupaten Tanggamus masih relatif stabil. Hal itu setelah tim Gabungan Pemkab setempat melakukan monitoring harga kebutuhan pokok di Pasar Gisting yang dipimpin oleh Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi, Kamis (8/9).

Ketika ditemui usai melakukan monitoring Wabup mengatakan, ketersediaan bahan pokok menjelang Idul Adha mencukupi, dan berdasarkan hasil monitoring yang telah dilakukan, ada sejumlah harga komoditas yang mengalami kenaikan. Seperti cabai merah, kentang, bawang merah, dan bawang putih. Akan tetapi, menurutnya itu masih relatif, yakni hanya berkisar seribu hingga dua ribu rupiah saja, dan itu masih wajar.

“Artinya masyarakat tidak perlu risau, menjelang hari raya idul adha yang tinggal beberapa hari lagi, harga masih relatif stabil, jikapun ada kenaikan tidak terlalu signifikan, kalau naiknya seribu hingga duaribu itu masih wajar,” kata dia yang didampingi Asisten Bidang Pembangunan, Andi Wijaya, Kabag Perekonomian, Retno Noviana, Kepala Disnakeswan, Romas Yadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Suhartono, Kadis PTPH Soni Isnaini, serta Sekretaris Disdagsar Muaiyin Zen.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, untuk kebutuhan bahan pokok seperti beras khususnya, saat ini masyarakat dapat membeli nya dengan harga yang relatif murah, yakni beras premium yang saat ini telah dijajakan diberbagai pasar tradisional yang ada di Tanggamus, harga beras premium tersebut yakni Rp 7.900/ kg.

“Kegiatan ini akan dilakukan di pasar tradisional, ini untuk memastikan pasokan harga kebutuhan bahan pokok jelang idul adha ini aman,”ujarnya.

Sementara itu menanggapi soal ketersediaan Elpiji 3 Kg, Asisten Bidang Pembangunan Andi Wijaya menambahakan, jelang Idul Adha Pemkab Tanggamus telah berkoordinasi dengan Pertamina, untuk menambah pasokan Elpiji 3 kg yakni, penambahan sekitar 10 hingga 15 persen, yang mana nantinya pasokan tersebut akan didistribusikan, dua hingga tiga hari kedepan.

“Artinya ketika jelang H-2 dan H-3, masyarakat banyak membutuhkan elpiji tiga kilogram, saat itu nantinya akan langsung kita distribusikan, jadi Insyaallah, dapat dipastikan untuk elpiji mencukupi,” tandasnya.

Berdasarkan hasil monitoring tersebut, harga kebutuhan pokok seperti beras premium per kilonya Rp 8.500, sedangkan untuk asalan Rp 7000 cabe merah, Rp 50.000/kg, cabe kecil Rp 35.000, bawang merah serta bawang putih Rp 34.000/kg. (odo)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *