39 views

Pemkab Tanggamus Gandeng TNI AD

HARIANFOKUS.com-Sinergitas antara Pemerintahan Kabupaten Tanggamus dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) kian kental terjalin dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016 di wilayah Kodim 0424. Program rutin TNI AD yang menggandeng pemkab itu, secara resmi dibuka Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan.

Komandan Kodim (Dandim) 0424 Tanggamus Letnan Kolonel (Inf) Hista Soleh Harahap mengatakan, TMMD ke-97 tahun 2016 ini dipusatkan di Pekon Waynipah, Kec. Pematangsawa. TMMD di Waynipah ini diimplementasikan ke dalam dua jenis pembangunan, yakni pembangunan fisik dan non fisik.

“Untuk kegiatan fisik semuanya fokus pada pembuatan dan pengerasan sarana jalan untuk warga. Pertama adalah pembukaan badan jalan sepanjang 5.000 meter dengan lebar 8 meter. Kemudian, pengerasan jalan berupa sirtu sepanjang 1.201 meter dengan lebar 6 meter. Lalu pembuatan jembatan sementara dengan panjang 18 meter dan lebar 2 meter,” jelas Dandim mendampingi Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel (Inf) Denny Mathen Rihi dan Komandan Korem 043 Gatam Kolonel (Kav) Supriyatna.

Sementara pada kegiatan non fisik, papar Hista Soleh, meliputi khitanan massal; pelayanan kesehatan; penyuluhan hukum, Kamtibmas, narkoba, dan KDRT; penyuluhan wasbang dan pariwisata; penyuluhan bahaya faham radikalisme ISIS atau aliran sesat lainnya; serta penyuluhan peternakan dan perkebunan.

“Dalam Program TMMD yang bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus ini, kami menerjunkan 200 personel TNI AD. Untuk pelaksanaan kegiatan fisik, dilakukan menggunakan dana APBD Tanggamus tahun 2016. Kegiatan ini resmi dimulai hari ini 20 (kemarin, Red) hingga 20 Oktober 2016. Sangat diharapkan, implikasi pembangunan fisik serta non fisik hasil TMMD ke-97 ini, dapat dirasakan oleh masyarakat Pematangsawa dan Tanggamus umumnya,” tutur Hista Soleh Harahap.

Sementara Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, sejak zaman pra kemerdekaan hingga saat ini, kemanunggalan TNI di tengah rakyat Indonesia sudah dirasakan secara nyata. Sebab, TNI telah mampu memberikan peran dan kiprahnya terhadap pembangunan di Indonesia, baik melalui dukungannya terhadap berbagai kebijakan pemerintah maupun dengan program-program kemanunggalannya.

“Demikian halnya dengan keberadaan TNI di Bumi Begawi Jejama ini. Sejak berdirinya Kabupaten Tanggamus, TNI konsisten memberikan dukungan dan kiprahnya terhadap pembangunan di Kabupaten Tanggamus, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan sukses. Tentunya ini memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” ujar bupati.

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tambah Bambang, tentunya selain sebagai langkah TNI untuk manunggal dan memupuk persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, juga telah mampu membuktikan bahwa TNI menjadi salah satu solusi bagi percepatan pembangunan di daerah.

“Melalui TMMD, TNI secara langsung telah membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Karena dengan anggaran yang relatif terbatas, melalui TMMD mampu dicapai hasil pembangunan yang lebih besar,” ungkap politisi PDIP ino.

Turut hadir dalam Upacara Pembukaan TMMD kemarin, Asisten I Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Andi Wijaya, Asisten III Bidang Administrasi Nur Indrati, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, serta Unsur Forkopimda lainnya.(odo)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *