Dinas Kesehatan Tuba Pastikan Program Nusantara Sehat Segera Berjalan

HARIANFOKUS.com- Menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman (MOU) tentang penempatan Tim Nusantara Sehat antara Kementerian Kesehatan dengan 41 Pemerintah Kabupaten termasuk Kabupaten Tulangbawang, Dinas Kesehatan Tulangbawang menargetkan agar program Nusantara Sehat dapat segera berjalan di daerahnya.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang dr. Herry Novrizal yang juga ikut mendampingi Bupati Tulangbawang Ir. Hanan A Rozak,MS dalam penandatanganan MOU tentang pelaksanaan program Nusantara Sehat tersebut, Senin 26 September 2016 di Jakarta.

“Insya Allah akhir tahun program ini sudah terealisasi. Pemerintah Kabupaten Tulangbawang sudah menyiapkan fasilitas untuk program ini. Para tenaga kesehatan yang akan kita terima akan menempati rumah dinas yang sudah kita siapkan. Begitu juga dengan jaminan keamanan bagi mereka. Kami sangat berharap program nusantara sehat di Kabupaten Tulangbawang dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tulang Bawang,” ujarnya.

Tim Nusantara Sehat nantinya, lanjut dr. Herry, diharapkan dapat bersinergi dengan tenaga kesehatan yang sudah ada di Puskesmas, sehingga dapat mendongkrak program kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.

“Program Nusantara Sehat juga merupakan salah satu upaya kementerian kesehatan dalam rangka untuk mengatasi maldistribusi tenaga kesehatan di daerah. Di dalam Program Nusantara Sehat, tenaga kesehatan strategis (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, analis kesehatan, ahli madya gizi, tenaga kesehatan masyarakat dan farmasi) di sebar ke seluruh nusantara dengan fokus kepada daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan (DTPK),” imbuh dr. Herry.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang dr. Herry Novrizal, tahun 2016 ini Kabupaten Tulangbawang mendapatkan Program Nusantara Sehat, juga tak lepas dari perhatian dan perjuangan dari Bupati dan Tulangbawang Ir. Hanan A.Rozak, MS dan Heri Wardoyo, SH, serta bantuan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Badan PPSDM Kementerian Kesehatan.

“Untuk itu, kita tentu sudah selayaknya berterima kasih atas digulirkannya program Nusantara Sehat dari pemerintah pusat di daerah kita ini. Dan selanjutnya saya juga berharap agar masyarakat Kabupaten Tulangbawang dapat menerima program ini dan benar-benar dapat merasakan manfaatnya,” kata Kepala Dinas kesehatan Tulangbawang, dr. Herry Novrizal. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *