Pemkab Tuba Support Program Nusantara Sehat

HARIANFOKUS.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang siap mendukung sebuah program nasional di bidang kesehatan, yaitu “Nusantara Sehat”, yang digulirkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.
Untuk mensukseskan program tersebut, Bupati Tulangbawang Ir. Hanan A Rozak, MS telah ikut menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) antara Kementerian Kesehatan bersama 41 Pemerintah Kabupaten di Indonesia tentang penempatan Tim Nusantara Sehat (NS) Batch 4 dan Batch 5 tahun 2016, yang dilaksanakan di Jakarta, Senin 26 September 2016.

MOU itu ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes bersama 41 Bupati, yang turut disaksikan oleh Menteri kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, serta juga dihadiri oleh 22 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan 41 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten.
Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak hadir pada kesempatan itu di Jakarta, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, dr. Herry Novrizal.

Nusantara Sehat merupakan implementasi dari program Indonesia Sehat, yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: 1). Mewujudkan Paradigma Sehat; 2). Penguatan Pelayanan Kesehatan; 3). Jaminan Kesehatan Nasional.

Penandatanganan nota kesepahaman Kemenkes dengan Pemerintah Daerah dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam mensukseskan pelaksanaan program Nusantara Sehat di daerah masing-masing.

“Dinas Kesehatan menyambut baik dan akan mendukung program Nusantara Sehat di Kabupaten Tulangbawang. Melalui program ini diharapkan Kementerian Kesehatan bersama pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif yang bermanfaat bagi masyarakat,“ kata Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang, Herry Novrizal.

Menurutnya, Tim Nusantara Sehat nantinya akan sangat berperan dan diharapkan dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan primer seperti Puskesmas, terutama di daerah tertinggal atau daerah yang bermasalah kesehatan di Tulangbawang.

Tim Nusantara Sehat merupakan tenaga profesional kesehatan dengan berbagai latar belakang kesehatan seperti dokter, dokter gigi, perawat, bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, tenaga gizi, dan kefarmasian, yang bersedia ditempat selama 2 (dua) tahun untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Kemenkes RI merilis, pada tahun 2015 telah menempatkan 694 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat.Sementara pada bulan Juni Tahun 2016 Kemenkes kembali menempatkan Tim Nusantara Sehat Periode I (Batch 3) berjumlah 194 Tenaga Kesehatan yang tersebar di 38 Puskesmas 25 Kabupaten, dan 16 Provinsi.

Sedangkan pada periode II (Batch 4) tahun 2016, Kemenkes telah merekrut 297 tenaga kesehatan Nusantara Sehat yang saat ini mengikuti pembekalan dan akan ditugaskan di 46 Puskesmas di 25 kabupaten dan 16 Provinsi, serta pada akhir Agustus 2016 Kemenkes juga kembali telah merekrut Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat (Batch 5) yang akan ditugaskan di 46 Puskesmas.(saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *