16 views

Tim Appraisal Way Dadi Terima Rp 960 Juta

HARIANFOKUS.com- Tim apprasial atau jasa konsultasi pengukuran pelepasan aset Way Dadi menerima anggaran sebesar Rp 960 Juta. Anggaran tersebut didapat tim apprasial dari Biro Perlengkapan dan Aset Daerah (BPAD)  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Kepala Bagian pemanfaatan aset BPAD Lampung, Saprul Al-Hadi mengatakan, anggaran Rp 960 Juta tersebut digunakan untuk  dana pengukuran yang akan dilakukan pihak ketiga.

“Jadi jasa konsultasi itu untuk tim appraisal. Supaya tahu besaran nilai tanah di aset pemprov itu. Tim appraisal lah yang menentukan harga yang harus dibayarkan masyarakat,” kata Saprul saat dihubungi Kamis (29/9).

Dijelaskannya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak bisa menentukan nilai harga tanah aset Pemprov Lampung yang telah diduduki masyarakat di Way Dadi, Sukarame, Bandarlampung seluas 89 hektare itu.

“BPN tidak bisa menentukan, ada rumusnya mengapa segitu biayanya. Jadi tim appraisal yang menentukan harga tanah yang nantinya harus dibayarkan masyarakat ke pemprov,” terangnya.

Berdasarkan data dari LPSE Provinsi Lampung, lelang jasa konsultasi ini mulai dibuka pada 27 September  hingga 10 Oktober mendatang. Pemprov Lampung juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) untuk menentukan metode lelang.

“Kita  sudah koordinasi dengan mereka KPKNL dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung untuk merumuskan mekanisme lelang yang akan disepakati,” tegasnya.

Salah satu pegawai Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang juga tim appraisal Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) membenarkan bahwa timnya mendapat anggaran Rp 960 Juta, dan itu dianggpnya harga yang wajar mengingat ada sekitar ribuan titik bidang tanah.

“Kalau titiknya mencapai seribu lebih wajar karena tim appraisal dibayar berdasarkan jumlah titik atau bidang tanah. Dikalikan saja, untuk satu bidang tanah biasanya dibayar 1-1,5juta sekali pekerjaan,” ungkapnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *