9 views

Pemkab Tuba Beri Bantuan Pelaku IKM

HARIANFOKUS.com – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang  mengucurkan bantuan kepada para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) berupa mesin pembuatan nugget dan bakso, yang digulirkan bagi IKM yang berada Kampung Pendowo Asri, Kecamatan Dente Teladas, Selasa (11/10).

Adapun penyerahan bantuan tersebut, langsung diberikan oleh Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo, yang pula sekaligus menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi Langsung Berbasis Masyarakat (SLBM) dan Infrastruktur Pembangunan Daerah (IPD) bidang sanitasi Tahun Anggaran 2016.

Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo, acara itu pula dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait Pemkab Tuba, serta Camat Dente Teladas, Kepala Kampung setempat, kelompok-kelompok IKM, dan para tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud perhatian Pemkab Tuba untuk mendukung kemajuan dan kesejahteraan IKM, serta juga untuk kepentingan masyarakat di Tuba.

“Seperti diketahui, Industri Kecil dan Menengah merupakan salah satu kelompok industri strategis yang memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia, karena IKM menjadi bagian dari penyumbang utama sektor industri pengolahan di Indonesia karena keunggulannya sebagai sub-sektor industri padat karya dan telah memasok kebutuhan pasar domestik,” ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Tuba ini menuturkan, bahwa pengusaha industri kecil apabila dapat berkembang menjadi kelas menengah dalam strata sosial, akan menjamin kestabilan politik dan ekonomi suatu bangsa.

“Pada masa mendatang, eksistensi IKM juga diharapkan dapat memberikan kontribusi optimal bagi kemajuan Tuba, melalui pengembangan home industri dan kelompok industri pengelolaan pangan, jadi harapan saya dengan adanya bantuan ini, para kelompok IKM penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang telah diterima secara bersama-sama dengan anggota kelompoknya dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan kelompok,” harapnya.

Sementara bagi kelompok IKM yang belum mendapat bantuan, Wakil Bupati Tuba juga meminta untuk bersabar, karena nanti ada waktunya mendapat giliran, Karena bantuan sifatnya diberikan secara bertahap.

“Tidak mungkin semua peralatan yang diajukan melalui proposal ke pemerintah daerah dapat dipenuhi langsung, tapi akan diupayakan bertahap, karena hal ini berkaitan dengan anggaran daerah juga,” ungkapnya.

Sedangkan terkait bantuan di bidang Sanitasi yang juga diserahkan pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo berharap dukungan dan peran aktif masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi permasalahan sanitasi di lingkungan masing-masing.

Menurutnya, pembangunan sanitasi di Kabupaten Tuba akan terus dilaksanakan secara sistematis, terencana, terpadu, terintegrasi dan berkelanjutan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah, termasuk peran aktif masyarakat.

“Untuk mendukung semua program ini, Pemerintah Kabupaten Tuba juga memang telah ikut dalam program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) sejak tahun 2014 yang dicanangkan pemerintah pusat, sebagai upaya penyelesaian masalah sanitasi secara nasional, dan secara bertahap dilaksanakan di 330 Kabupaten Kota termasuk di Kabupaten Tuba,” jelas Heri Wardoyo. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *