6 views

Lapor ke KI, Panwas Dinilai Salah Kamar

HARIANFOKUS.com – Laporan Panwaslu Kabupaten Tulangbawang ke Komisi Informasi (KI) terhadap KPUD setempat dinilai sebagai laporan yang salah kamar. Menurut pakar hukum Unila, Budiono, laporan Panwaslu Tuba bukan hanya dinilai salah kamar, tapi menggugat termohon dalam hal ini (KPUD Tuba) juga dinilai sebagai gugatan yang salah kaprah.BACA:www.harianfokus.com/2016/10/11/laporkan-kpud-tuba-ke-ki-panwas-tanpa-surat-kuasa/

“Sebenarnya tidak perlu menggugat ke KI, inikan sesama penyelenggara pemilu, disana ada DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) di Lampung sudah. Artinya tinggal dikomunikasikan saja, mungkin ada salah tafsir dalam undang-undang itu atau seperti apa,” kata dia, Rabu (12/10).

“Dan kalaupun mau menggugat, iya gugat yang mengeluarkan SK atau Undang-undang itu. KPUD kan hanya pelaksana undang-undang. Nanti malah tambah salah, jika KPUD memberikannya. Dan itu yang saya katakan tadi tidak perlu ke KI, KI itu hanya media, dan fasilitator. Cukup di DKPP saja,” ungkapnya.

Sementara, KI enggan ekspose gugatan Panwaslu atas KPUD Tuba. KI beralasan, karena gugatan belum teregistrasi dan belum diplenokan.

“Mungkin besok baru dapat dipublis. Kami belum pleno,” singkatnya.

Sebelumnya, Panwas melaporkan KPUD Tuba ke KI karena dianggap tidak terbuka atas data dukungan calon perseorangan (B1 KWK). (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *