25 views

Yusdianto: Ketua Bawaslu Sekolah Lagi Deh

HARIANFOKUS.com – Pakar hukum Unila, Yusdianto menyayangkan pernyataan Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah terkait gugatan sengketa pemilu yang dilakukan Panwaslu Tulangbawang terhadap KPUD Tulangbawang ke Komisi Informasi (KI).

Menurut dia, sikap Panwaslu Tuba melakukan gugatan sengketa pemilu jelas tidak punya legal standing. Hal ini merujuk PKPU No 1 Tahun 2015 tentang pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

“Sangat prihatin dan menyesalkan tindak ketua bawaslu yang mengizinkan sekaligus mesuport Panwas Tuba. Sudah salah bukan di suvervisi untuk diluruskan tapi kok terlibat dalam hal itu.Silahkan bu ketua sekolah deh, biar tak gagal paham terus,” kata dia, Kami (13/10).

Dosen Hukum Unila ini, meminta Khoir (sapaan akrab Fatikhatul Khoiriyah) untuk mencermati,
Pasal 1 ayat 12 UU no 14 tahun 2008 menyebutkan pemohon informasi publik adalah warganegara dan/atau badan hukum Indonesia yg mengajukan permintaan informasi publik sebagaimana undang-undang ini.Selain itu dicermati juga Pasal 6, 7 dan 8 UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik

“Panwas itu badan publik karena dibuat perintah undang-undang.  Secara ontologis kedua hal tersebut (badan publik dan badan hukum) sangat berbeda,” ungkapnya.

Sementara, Khoir meminta untuk menghargai proses sengketa yang masih berlangsung di KI.

“Orang perorang atau badan hukum bisa mengajukan sengketa,” singkatnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *