59 views

BY Ingatkan Mahasiswa Pentingnya Integritas dan Moralitas

HARIANFOKUS.com – Mahasiswa yang merupakan salah satu representasi generasi muda memiliki peran besar dalam mengawal jalannya demokrasi di negeri ini. Sehingga tidak berlebihan, jika nasib bangsa ini berada dipundak mahasiswa.

Politisi Partai NasDem Lampung, Budi Yuhanda, memberikan pencerdasan politik kepada mahasiswa Unila, Sabtu (15/10).

Dalam diskusi yang digelar BEM Unila itu, BY yang merupakan salah satu pemateri mengatakan, jika pengenalan politik sejak dini sangat bermanfaat, khususnya bagi generasi muda, para mahasiswa dan mahasiswi sebagai generasi penerus bangsa.

“Dengan acara ini, mahasiswa bisa lebih memahami tentang politik dan tidak anti politik. Sebab, setiap instrumen kegiatan dan keputusan pemerintah merupakan implikasi dari suatu politik. Namun, tentu tidak kalah penting adalah membangun mentalitasi kita agar menjadi politisi yang berintegritas dan bermoralitas,” jelas Anggota DPRD Lampung ini.

Dijelaskan politisi muda ini, diskusi yang mengambil tema “Integritas dan moral politik dalam membangun negeri”, dirinya menjabarkan akan pentingnya integritas dan moralitas dalam politik. Sebab tanpa keduanya, menurut dia, cita cita dan kejayaan, serta kesejahteraan bangsa tidak akan pernah terwujud.

“Peran partai politik diharapkan mampu memberikan pendidikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda dan juga para kadernya untuk menanamkan nilai-nilai integritas dan moralitas,” jelas Wakil Ketua Bidang Pendidikan Politik dan kebudayaan DPW NasDem Lampung ini.

Sebab lanjutnya, partai politik memiliki peran dan tanggung jawab penting terhadap kemajuan negara. Oleh karenanya, partai politik harus mampu menjaga kader-kadernya, agar permasalahan bangsa seperti korupsi, tindakan ammoral dan sebagainya tidak lagi terjadi.

“Sebab bisa mengakibatkan pengikisan nilai nilai budaya kejujuran, dan semangat nasionalisme karena akan berdampak luas terhadap kebijakan publik yang tidak terpenuhi, meningkatnya kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kriminalisasi. Hilangnya integritas dan moralitas pemimpin juga menjadi latar belakang permasalahan di negeri ini,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *