Pemkab Tuba Menerima 5 Tenaga Kesehatan dari Kemenkes RI

HARIANFOKUS.com – Kabupaten Tulangbawang menerima sebanyak 5 orang tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat batch 5 periode III tahun 2016 untuk Provinsi Lampung.

Penyerahan ke-5 tenaga kesehatan nusantara sehat yang akan bertugas di Kabupaten Tuba ini, dilakukan oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Eko Rahman Setiawan, yang secara simbolis diterima Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tuba, Rimir Mirhadi, didampingi Asisten I Sekdakab Tuba, Pahada Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan, Herry Novrizal, serta sejumlah pejabat Pemkab Tuba terkait, bertempat di ruang tamu kantor Bupati Tuba, Jum’at (2/12).

Menurut perwakilan Kementerian Kesehatan, Eko Rahman Setiawan, program Nusantara Sehat sudah berjalan dalam tiga angkatan. Pada periode ketiga ini, ada 3 Puskesmas di Provinsi Lampung yang mendapat bantuan tenaga kesehatan, yaitu Kabupaten Tuba, Tubaba dan Way Kanan.

“Program nusantara sehat yang dicanangkan oleh Kemkes adalah bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar. Serta tujuan yang terkait dengan keberlangsungan pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi, serta upaya meningkatkan komitmen retensi tenaga kesehatan di daerah,” jelas Eko Rahman Setiawan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Tuba, Herry Novrizal, memapaparkan bahwa ke- 5 tenaga kesehatan Nusantara Sehat yang diterima Tuba, itu nantinya akan ditempatkan di Puskesmas Way Dente, Kecamatan Dente Teladas.

“Kelima tenaga kesehatan Tim Nusantara Sehat itu antara lain terdiri dari bidan, perawat, sanitarian, gizi, dan kesmas atau promosi kesehatan,” terang Herry Novrizal.

Paramedis Tim Nusantara Sehat itu nantinya, lanjut Kepala Dinas Kesehatan ini, akan bertugas kurang lebih selama dua tahun, serta disediakan rumah dinas, alat transportasi dan insentif.

“Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI, dan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, atas penempatan tim nusantara sehat di Kabupaten Tuba. Sebab kami berharap ini akan memperkuat dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas kepada masyarakat, terutama di puskesmas yang mendapat bantuan tim nusantara sehat,” harap Herry Novrizal.

Sementara itu, Plt. Bupati Tuba, Rimir Mirhadi menyambut baik kehadiran tenaga kesehatan dari tim nusantara sehat, program Kemenkes ini di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Saya ucapkan selamat bertugas dengan sebaik-baiknya kepada tenaga medis nusantara sehat, semoga dapat mendukung kelengkapan kemajuan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tuba, terutama di Puskesmas Way Dente, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” pesan mantan Sekda Tuba ini. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *