18 views

KPUD Tuba Siapkan Pendamping Pemilih Disabilitas

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tulangbawang berencana menyiapkan pendamping pemilih berkebutuhan khusus atau disabilitas pada pilkada mendatang. Hal ini dilakukan untung memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih.

“Kita akan siapkan jika memang ada permintaan dari masyarakat atau warga Tuba, yang keluarganya ingin memilih namun disabilitas, sehingga hak kebebasasan setiap warga negara dapat terpenuhi dengan tetap menjaga kerahasiaan,” ucap Komisioner KPU Tuba, Feriyanto, Selasa (13/12).

Lebih lanjut, Wan Feri sapaan akrabnya Feriyanto, menambahkan bahwa pemilih disabilitas tersebut tetap mempunyai hak suara jika memang sudah memenuhi syarat untuk memimilh.

“Karena itu hak konstitusi mereka. Di Kabupaten Tuba untuk pemilih disabilitas berjumlah 71 orang, terdiri dari Tuna Daksa 26 orang, Tuna Netra 12 orang, Tuna Rungu atau Tuna Wicara 17 orang, Tuna Grahita 12 orang, dan disabilitas lainnya 4 orang. Mereka semua sudah memiliki e-KTP dan berhak menggunakan hak pilihnya pada pemilukada 2017 mendatang,” jelas Wan Feri.

Wan Feri juga menjelaskan bahwa pihaknya terus mendorong kepada pemilih disabilitas dan pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya pada Pilkada Tuba tahun 2017 mendatang.

“Kita terus lakukan sosialisasi untuk memberikan pendidikan pemilih untuk pemilih disabilitas atau pun yang lainnya, harapan kita juga supaya keluarga dari pemilih disabilitas ini dapat proaktif kepada pemilih disabilitas,” terang Wan Feri.

Oleh karena itu lebih dalam Wan Feri menjelaskan, ada beberapa cara agar penyandang disabilitas agar tetap dapat memberikan hak suara mereka pada Pilkada 2017 yang akan datang, selain dengan upaya tersebut apabila dinilai tidak efisien butuh dukungan juga dari pihak keluarga untuk melakukan pendampingan.

“Jadi bagi salah satu pihak keluarga kiranya harus bersedia untuk melakukan pendampingan kepada si penderita, agar mereka dapat memberikan hak suara untuk menentukan pempimpin Tuba pada lima tahun mendatang,” harapnya.

Ia juga menambahkan, dalam hal ini KPU Tuba dalam waktu dekat sebelum tanggal 25 Desember akan mengumpulkan pemilih disabilitas untuk memberikan sosialisasi mengenai pilkada.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini pihak KPU Tuba akan melakukan sosialisasi melalui divisi sosialisasi,” tandas Wan Feri. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *