PDIP Belum Surati DPRD Untuk Pengganti Winarti

HARIANFOKUS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawang telah mengirimkan surat terkait pengganti antar waktu (PAW) tiga anggotanya yang mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Tuba, Herwan Saleh, mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat tersebut pada kamis (5/1) lalu.

“Soal surat itu, sudah, kita sudah kirimkan suratnya kamis kemarin. Tetapi KPU belum membalas suratnya,” ucapnya, Jumat (6/1).

Herwan Saleh yang juga ketua DPD II Partai Golkar Tuba tersebut menambahkan, baru dua partai yang sudah menyetorkan nama bakal calon pengganti anggota DPRD yang telah mundur.

“Kalau dari partai baru dua, Golkar dan PAN. Sementara PDI-P belum mengusulkan pengganti Winarti. Kalau Golkar sudah sesuai dengan urutannya, yaitu Nirwansyah Habib. Kalau PAN yaitu Rengga Saputra. Itu yang sedang kita proses. Jadi kita tunggu dari KPU, setelah dari KPU langsung ke Bupati terus ke Gubernur,” tambahnya.

Herwan Saleh menjelaskan bahwa surat yang telah masuk ke DPRD akan segera di proses.

“Kalau PDI-P kan belum. Jadi bisa di proses karena kan ketiganya beda partai. Jadi sesuai kebutuhan partainya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tuba, Reka Punnata membenarkan bahwa, pihaknya telah menerima surat terkait dengan PAW dari DPRD setempat.

“Benar kita sudah terima suratnya, Dewan meminta nama nama pengganti. Jadi kita sudah terima, selanjutnya kita meminta yang bersangkutan melengkapi berkas proses PAW,” paparnya.

Reka Punnata menambahkan bahwa pihaknya juga telah melayangkan surat pemberitahuan ke partai terkait hal tersebut.

“Jadi yang menempati urutan kedua. Kalau Golkar Nirwansyah Habib, PAN Rengga Saputra, sementara PDIP, Heri Irawan,” ungkapnya.

Untuk itu, sampai saat ini, lanjut Reka Punnata, proses PAW masih menunggu kelengkapan berkas calon – calon pengganti tersebut.

“Saat ini kami sedang menindaklanjuti proses tersebut, dalam waktu selama lima hari. Jadi terhitung dari surat masuk. Lima hari tersebut sudah harus dilakukan verifikasi, kami sudah harus menindaklanjutinya dalam lima hari tersebut. Jadi prosesnya itu kami harus memberitahukan ke partai dan yang bersangkutan,” kata dia.

“Kalau dia lewat ya nggak bisa, kecuali ada persyaratan yang harus kita lakukan penelitian secara faktual. Kalau syarat sayaratnya atas persetujuan dari Parpol atau rekomendasi, selanjutnya dia masih memenuhi sebagai pengganti antar waktu,” tambahnya.

Perlu diketahui, tiga anggota DPRD Kabupaten Tuba, harus mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tuba pada tahun 2017 mendatang.

Ketiga orang tersebut adalah Winarti yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD.

Sedangkan yang kedua adalah Hendriwansyah yang merupakan wakil ketua III, ia maju berpasangan dengan Winarti dan menjadi calon wakil bupati Tuba.

Sementara, yang ketiga adalah Syarnubi yang merupakan anggota DPRD dari fraksi partai Golkar, ia maju menjadi calon bupati melalui jalun perseorangan atau Independent dan berpasangan dengan Soliha. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *