15 views

Pemkab Tuba Pastikan Persoalan Tapal Batas Tidak Ada Masalah

HARIANFOKUS.com– Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang memastikan persoalan tapal batas antara Tulangbawang dengan Mesuji yakni Dusun Teluk Gedung, Kuala, Minak Jebi dan Petambak tidak ada masalah lagi. Sebab, sebab secara letak geografis daerah tersebut masuk dalam Tuba.

Hal ini merujuk dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 49/2008, Tanggal 26 November 2008, tentang pembentukan Kabupaten Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung, berasal pecahan atau pemekaran dari sebagian wilayah Kabupaten Tuba, dan dokumen hasil pelacakan batas daerah Tuba dan Mesuji, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76/2012, tentang penegasan batas daerah.

“Sehingga secara otomatis administrasi pemerintahan wilayahnya masuk Kabupaten Tuba dengan kekuatan beberapa dasar kesepakatan dan peraturan pemerintah maupun undang-undang,” ungkap Asisten Bidang Sosial dan Pemerintahan Sekdakab Tuba, Pahada Hidayat, Senin (16/1).

Menurut mantan Camat Rawa Jitu Timur ini, UU tersebut juga dipertegas dalam surat keputusan (SK) Gubernur Lampung No: 590/212/01/2016, Tanggal 14 Oktober 2016, perihal penegasan batas daerah dan hasil peninjauan lapangan pada lokasi batas daerah yang bermasalah yaitu antara Kabupaten Tuba dengan Kabupaten Mesuji, khususnya pada segmen titik koordinat batas nomor 100 sampai dengan nomor 105 yang berisi telah menetapkan dan menegaskan bahwa wilayah, Kuala, Minak Jebi dan Teluk Gedung, masuk ke dalam wilayah administrasi pemerintahan Kecamatan Rawa Jitu Timur, Tulangbawang.

“Meski demikian, yang perlu dipahami masyarakat agar tidak terhasut oleh oknum-oknum tersebut karena penegasan batas wilayah daerah, tidak merubah hak kepemilikan perorangan, badan, lembaga dan lainnya. Karena juga sudah jelas dalam peraturan pemerintah Nomor 72 mengenai sengketa antara kabupaten, provinsi yang harus menengahi maupun menegaskan, dan hal ini telah ditegaskan oleh pemerintah, jadi tidak ada masalah lagi,” ulas Pahada Hidayat.(saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *