3 views

KPU Tuba Pastikan Surat Suara Aman

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang mengaku telah selesai melakukan pelipatan kertas surat suara yang akan dipergunakan saat pilkada yang diagendakan bulan depan, Februari 2017.

Saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (17/1), Ketua KPU Tuba, Reka Punnata menyampaikan, bahwa total surat suara yang telah dilipat sebanyak 310.385 surat suara, dengan rincian kekurang 271 lembar dan kerusakan 13 lembar (sobek dan ada percikan tinta).

“Pelipatan sudah dimulai sejak hari Jum’at (13/1) lalu, dan rampung dilipat Senin (16/1) kemarin,” tutur Reka.

Dikatakannya, pada saat pelipatan tersebut, KPU Tuba mengandalkan tenaga kerja dari pihak internal atau staf yang bekerja di KPU tersebut.

“Kami tidak merekrut atau memakai tenaga dari luar. Jumlahnya sebanyak 28 tenaga kerja yang kita kerahkan. Mereka semua merupakan staf di KPU. Hal tersebut dilakukan agar pada saat pelipatan dapat meminimalisir jumlah surat suara yang double pada waktu pelipatan,” ucap Ketua KNPI Tuba ini.

Pada saat melakukan pelipatan, lanjut Reka Punnata, terdapat 13 lembar surat suara yang mengalami rusak. Serta setelah dilakukan penghitungan kembali, juga mengalami kekurangan surat suara sebanyak 271 lembar.

“Dengan total keseluruhan surat suara yang rusak dan kurang menjadi 284 lembar. Surat suara yang rusak tersebut karena memang tidak memenuhi standar karena ada yang sobek, cetakan yang tidak sempurna karena adanya tumpahan tinta. Tetapi syukur tidak ditemukan surat suara yang sudah di coblos ke salah satu pasangan calon (paslon),” ungkapnya.

Menurut Reka Punnata, surat suara yang rusak tersebut sudah disimpan. Dan sebelumnya memang telah melakukan koordinasi dengan pihak percetakan, yang tujuannya agar dapat segera diganti dan dipenuhi kekurangannya.

“Yang jelas, kami akan meminta penggantian serta penambahan surat suara yang rusak dan kurang tersebut sesuai dengan jumlahnya. Kemudian surat suara yang rusak tersebut akan kita bawa ke pihak percetakan untuk dilakukan pemusnahan,” demikian Reka. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *