54 views

Diskominfo Tuba Antisipasi Media Abal-abal

HARIANFOKUS.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tulangbawang, pada tahun 2017 ini, akan menyeleksi dan memverifikasi semua media massa. Baik cetak, elektronik dan online yang melakukan peliputan di lingkungan pemkab setempat.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Tuba, Gunawan yang diwakili Kabid Publikasi dan Kemitraan Media Diskominfo Erwan Hadi.

Menurutnya, dilakukannya verifikasi dan pendataan ulang terhadap media sesuai dengan Perpu No 40/1999 dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Banyak media yang tidak memenuhi persyaratan administrasi dalam melakukan kerjasama dengan pemkab. Misalnya, mengunakan perusahaan maupun yayasan milik orang lain, dalam mendaftar ke pemerintah daerah,” ungkap Erwan kepada harianfokus.com diruangan kerjanya, Rabu (01/2).

Dirinya berharap media dapat memaklumi dan meminta kerjasamanya terhadap penerapan aturan tersebut.

“Kami hanya memfasilitasi dalam pembayaran uang publikasi yang sumbernya dari pemkab. Hal ini juga sebagai antisipasi terhadap pemeriksaan keuangan daerah nantinya oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” terang dia.

Menurut dia, jika nantinya dalam melakukan penawaran kerjasama antara media dengan pemkab ditemukan media yang tidak memenuhi persyaratan maka tidak akan diakomodir.

“Kami juga akan mendata seluruh wartawan yang ada di Tuba. Karena banyak wartawan yang tidak jelas, hanya bermodalkan KTA, mereka menemui pejabat dilingkup pemkab, kepala sekolah, dan kepala kampung. Kami akan berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Gabungan Wartawan Tuba (GAWAT), karena pers memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam merealisasikan tugas pokoknya sebagai badan penyalur informasi kemasyarakat luas, disamping sebagai wahana pemberi hiburan dan alat kontrol sosial,”jelas Erwan.

Sementara, Sekretaris PWI Tuba Yendi mengapresiasi langkah yang diambil Diskominfo dalam menertibkan media dan wartawan yang melakukan peliputan dilingkungan pemkab.

“Kami akan berkoordinasi dengan seluruh pengurus PWI Tuba, karena kedepannya, kami juga mengharapkan kerja samanya dalam membina rekan rekan wartawan,”harap Yendi. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *