60 views

Ajak Relawan TIK Optimalkan Pembangunan Dengan Teknologi Informasi

HARIANFOKUS.com – Rapat tentang upaya mengoptimalkan pembangunan Tulangbawang melalui peran penerapan teknologi informasi digelar Kamis siang (2/2) di Ruang Rapat Kantor Bappeda Tulangawang, Tiuh Toho Menggala.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten I Sekdakab Tulangbawang, Pahada Hidayat didampingi Kepala Bappeda Tulangbawang Anthoni tersebut, diikuti oleh peserta dari perwakilan satuan kerja terkait diantaranya Bappeda, Dinas Kominfo, BPMPK dan Camat se-Tulangbawang, serta melibatkan pengurus Relawan Teknologi Informasi (TIK) Kabupaten Tulangbawang.

Diadakannya rapat ini kata Asisten I Sekdakab Tulangbawang, Pahada Hidayat, diharapkan dapat lebih menggedor lagi penerapan teknologi informasi dari instansi terkait dan masyarakat, dalam mengoptimalkan pembangunan Tulangbawang di segala bidang, serta di kampung dan di kecamatan.
“Agar tidak ketinggalan dengan daerah lain dalam pemanfaatan teknologi informasi,” kata dia.

Menurut dia, manfaat teknologi informasi luar biasa dalam menunjang pembanguna di Tualngbawang.

“Kita semua harus ‘melek’ teknologi. Teknologi membuat maju ke depan. Tapi menjadi masalah kalau kita tidak menguasainya,” ungkapnya.

“Saya harapkan semua unsur harus pro aktif. Perlu ada niat dan keputusan bersama kita untuk mau menjalankannya. Tindaklanjuti segera situsweb desa.id. Kampung yang sudah terdaftar agar diaktifkan dulu. Kampung yang belum, saya harapkan Camat untuk berperan segera menindaklanjuti. Apalagi kita apreseasi Relawan TIK yang sudah siap ikut mendukung. Ke depan kita harapkan dapat dibentuk kampung dan kecamatan unggulan di Tulangbawang melalui penerapan teknologi informasi” pesan Asisten I Pahada Hidayat.

Senada Asisten I, Kepala Bappeda Tulangbawang Anthoni mengatakan, pentingnya membangun sistem informasi berbasis internet. Apalagi sudah banyak daerah yang menerapkan, diantaranya dalam membangun smart city, dan lain-lain.

“Teknologi informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan penting. Internet menjadi mainstream. Kabupaten Tulang Bawang jangan sampai ketinggalan,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kiprah Relawan TIK dan berharap agar terus menjaga semangat untuk mendukung penerapan teknologi informasi dalam pembangunan.

“Karena niat, nawaitu kita sama untuk membangun Tulangbawang” ujarnya.

Sementara itu dalam pemaparannya, Ketua Relawan TIK Tulangbawang Sutrisno, mengungapkan Relawan TIK Tulangbawang terus melakukan penguatan personil dan organisasi. Di tingkat kecamatan membentuk komisariat. Sudah 8 komisariat TIK terbentuk dari jumlah 15 kecamatan. Sedangkan di kampung-kampung diupayakan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Melalui keberadaan Relawan TIK, kami berupaya untuk mengedukasi masyarakat melalui internet, dan bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk Kabupaten Tulangbawang. Salah satunya melalui pemanfaatan media sosial untuk membantu mempublikasikan kegiatan dan potensi Tulangbawang, melalui hashtag Tulangbawang Mendunia,” terangnya.

Selain itu, Sutrisno juga mengungkapkan sejumlah program Relawan TIK yang telah disiapkan untuk mendukung pembangunan kampung.

“Diantaranya pendampingan desa.id, pelatihan IT juru tulis dan kaur kampung, penyiapan aplikasi administrasi kampung, telecenter, internet sehat, kampung IT, publikasi keunggulan kampung, dan kampung perpustakaan. Namun tentunya dalam hal ini kami sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Tulang Bawang,” ungkapnya.

Sedangkan berkenaan website kampung, desa.id, Kabid Pengembangan Teknologi Informasi Dinas Kominfo Tulangbawang Dodiyanto Djayasinga bersama Kasi Pengembangan TI Tara Larasati menjelaskan dalam rapat tersebut, sudah 72 kampung yang didaftarkan dalam desa.id, dari jumlah 147 kampung di 15 kecamatan se-Tulangbawang. Kendala yang dihadapi dalam pembuatan desa.id ini, diantaranya masih banyak kampung yang belum menyerahkan berkas persyaratan, padahal pemberitahuan sudah sering dilayangkan ke kampung-kampung.

Sehingga menanggapi hal tersebut, Asisten I Sekdakab pada kesempatan itu juga telah memerintahkan kepada Camat-camat yang kampungnya belum terdaftar desa.id untuk segera menindaklanjuti, berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Tulangbawang. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *