Ika Unpad Gelar Pelantikan dan Baksos di Desa Fajar Baru Lamsel

HARIANFOKUS.com – Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) Komisariat daerah (Komda) Lampung menggelar acara pelantikan pengurus periode 2016 – 2020 . Acara pelantikan digelar berbeda, dengan tema Berbakti Untuk Negeri, panitia menggelar acara pelantikan di lapangan Desa Fajar Baru, Jatiagung, Lampung Selatan dibarengi dengan acara bakti sosial, Minggu (5/2/).

Rangkaian kegiatan bakti sosial antaralain donor darah, pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis, pemberian bantuan buku untuk perpustakaan desa, dan kegiatan bantuan lainnya.

Ketua Ika Unpad Pusat, Hikmat Kurnia melantik langsung pengurus Ika Unpad baru ini.

Dalam sambutannya, Ketua Ika Unpad Komda Lampung yang baru dilantik, Andi Desfiandi mengatakan ke depan akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang dipusatkan di desa sebagia bentuk pengabdian alumnus Unpad kepada negeri.

“Acara baksos adalah intinya, pelantikan hanya nyempil saja sebenarnya. Kedepan akan ada acara pelatihan komputer kepada warga dan pelatihan Bumdes kerjasana IKA Unpad dan IBI Darmajaya,” katanya.

Untuk memaksimalkan potensi desa kata dia mereka juga akan memberikan pelatihan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Sementara Ketua IKA Unpad Pusat, Hikmat Kurnia mengatakan derajat manusia dinilai berdasarkan apa yang ia lakukan untuk orang lain. Karena itu, ia berharap kegiatan kemasyarakatan oleh Alumni Unpad ke depan semakin massif.

“Menurut saya derajat manusia berdasarkan apa yg dialakukan. Orang yang melakukan sesuatu hanya untuk diri sendiri itu sebenarnya Sudra (kasta dalam strata sosial India). Kita wajib mencari nafkah itu fardu ain. Derajat yang lebih tinggi fardu kipayah yang lebih luas itu tugas kesatria. Seperti konda Lampung bakti untuk negeri bagaimana kontribusi untuk masyarakat,” jelasnya.

Sebagai alumni ia mengaku bangga dengan baksos yang digelar oleh Ika Unpad Komda Lampung. Acara pelantikan pun, kata dia digelar tidak biasa, di lapangan terbuka dengan disaksikan warga langsung.

“Ini tugas mulia orang yang diberi kelebihan sehingga bisa sekolah di universitas baik, berkontribusi untuk negara. Ini tugas suci, kalau kita ikhlas gembira saya rasa derajatnya sudah Brahmana. Pelantikan pun biasanya digelar di hotel-hotel mewah, dan lebih banyak panitianya dibanding masyarakat, ini berbeda, kita berpanas-panasan disaksikan masyarkat langsung,” ungkap Alumnus jurusan Sejarah Unpad ini.

Dengan baksos ini, ia berharap Ika Unpad Lampung membuktikan bakti untuk negerinya.

“Saya percaya di luar itu Paria (starata paling bawah) yang ribut ngurusi hoax dan itu bukan urusan kita. Walaupun kita belum menyelesaikan persoalan bangsa. Tapi bisa sedikit-sedikit. Kita tidak bisa mengubah malam jadi siang tapi kita bisa menyalakan lilin mengutuk kegelapan,” pungkasnya.

Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo sebagai alumnus Unpad dalam strutkur kepengurusan didapuk menjadi dewan pembina Ika Unpad Lampung. Namun, Ridho berhalangan hadir karena jadwal berbenturan dengan agenda doa bersama di Kabupaten Way kanan. Ridho kemudian diwakili oleh Asisten Bidan Kesejahteraan rakyat (Kesra) Heri Suliyanto.

“Selamat kepada pengurus Ika Unpad Komda Lampung 2016 -2020 yang dilantik semoga bisa menjalankan amanah,” kata Heri membacakan samburan gubernur. (ist)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *