160 views

BKD Lampung Permainkan ASN

HARIANFOKUS.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung terkesan mempermainkan informasi pelantikan dan pengukuhan aparatur sipil negara (ASN) pejabat eselon III (administrator)  dan IV (pengawas). Pasalnya, menjanjikan informasi lengkap nama dan jabatan para pejabat sudah bisa diakses melalui melalui wabsite resmi BKD Lampung yakni www.BKD.lampungprov.go.id, pada Sabtu (11/2), namun wabsite tersebut baru bisa diakses pada Minggu (12/2).

Yang lebih memalukan lagi, data nama dan jabatan ASN eselon III dan IV terdapat rangkap jabatan. Ada indikasi BKD Lampung asal-asalan dan kuat praktek KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dalam melakukan seleksi nama pegawai di lingkungan pemprov. Rangkap jabatan yang dimaksud yakni, jabatan eselon III atas nama Ir. Darwin Efendi. Dia menjabat dua kepala, yang pertama Kepala Bidang Konservasi dan Pembangunan Sumber Daya Air pada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Kedua, dia juga menjabat Kepala UPTD Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan pada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Prov. Lampung.

Selain Darwin Efendi, terjadi rangkap jabatan juga di eselon IV atas nama, Drs. Eko Purwantoro. Dia menjabat dua kepala seksi sekaligus di Dinas Ketahanan Pangan Prov. Lampung. Yakni, Kepala Seksi Konsumsi Pangan pada Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman dan menjabat juga sebagai Kepala Seksi Pengembangan Pangan Lokal pada Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan.

Diketahui, proses pelantikan dan pengukuhan jabatan esselon III dan IV, Jum’at (10/2) siang di lapangan Korpri komplek perkantoran Pemprov Lampung dikukuhkan langsung oleh Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo.

Usai Pelantikan, Pejabat BKD Lampung Malas-malasan

RANGKAP jabatan di tubuh eselon III dan IV Provinsi Lampung merupakan salah satu contoh dari sekian banyak kasus buruknya penyusunan struktur birokrasi perangkat daerah sesuai amanat PP 18 Tahun 2016.Prestasi dan disiplin pegawai bukan menjadi prioritas dalam menempatkan jabatan di birokasi, cara menjalin pendekatan atau pragmatisme lebih diutamakan.

Kepala BKD Lampung, Zaini Nurman saat dikonfirmasi terkait rangkap nama dan jabatan ditubuh eselon III dan IV enggan berkomentar. Dia mengaku sedang berada di Lampung Utara.

“Saya lagi DL (dinas luar), besok ya,” singkat Zaini, Senin (13/2).

Saat disambangi di Kantor BKD Lampung, nampak sepi. Beberapa petinggi BKD Lampung tidak ada di ruangannya.Seperti, sekretaris BKD Lampung, Rusli Syofuan dan Rendi Reswandi (Kabid Pengembangan Pegawai).

“Bapaknya sedang tidak masuk dari pagi tidak kelihatan,” kata salah satu pegawai di BKD Lampung. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *