107 views

FP2L Akan Gelar GPLPP di Lamteng

HARIANFOKUS.com – Forum Petani Peternak Lampung (FP2L) sejak tiga bulan belakangan rutin menggelorakan Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Pertanian (GPLPP). Kamis (23-2) mendatang, digelar sosialisasi gerakan tersebut berpusat di Desa Sendang Asri, Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah.

Guna mengecek agenda FP2L itu, Minggu (19-2) siang, Pembina FP2L Fajrun Najah Ahmad mengadakan pertemuan dengan Ketua FP2L Provinsi Lampung Untung Suharyono di Desa Sendang Asri, Sendang Agung, Lamteng. Menurut Untung, pada acara Kamis (23-2) mendatang, akan dibagikan polibag sekitar 2,5 kuintal, bibit empat komoditi: cabe, terong, sawi dan kangkung, untuk 270 kepala keluarga.

Untung menambahkan, pada acara sosialisasi GLPP itu juga akan dihadiri tokoh kelompok tani dari Kecamatan Bekri, Bangunrejo, Kalirejo dan Sendang Agung.

“Program GLPP yang dibidangi FP2L Provinsi Lampung ini sudah kami laksanakan juga di Kabupaten Lampura, Pesisir Barat, Lamtim, Pringsewu dan Pesawaran,” jelas Untung.

Terkait dengan program GLPP itu, Fajrun Najah Ahmad, meminta kepada FP2L di 15 kabupaten untuk bergerak seirama membantu peningkatan taraf hidup masyarakat dengan memberdayakan potensi lahan pekarangan masing-masing untuk ditanami tumbuhan tanaman yang langsung dapat digunakan sehari-hari.
“Mari teruskan kerja nyata untuk rakyat melalui pertanian dan peternakan dengan cerdas,” kata Fajar seraya menegaskan FP2L Provinsi Lampung tidak pernah meminta bantuan Pemprov Lampung melalui dana APBD dalam melakukan kegiatannya di masyarakat.

Dikatakannya, saat ini FP2L dengan jumlah anggota lebih dari 70.000 orang benar-benar hanya memikirkan peningkatan perekonomian rakyat melalui pengembangan usaha pertanian dan peternakan.

“Soal bagaimana kami bisa memberikan kontribusi nyata untuk membantu masyarakat, itu sepenuhnya usaha mandiri dan gotong royong. Tidak pernah kami minta bantuan dana dari pemprov,” tegas Fajar.

Bukan hanya kaum petani peternak saja yang dilibatkan FP2L dalam acara sosialisasi GPLPP, Kamis (23-2) nanti, tetapi juga mahasiswa Unila yang sedang melaksanakan KKN di Kecamatan Sendang Agung.

“Ajak adek-adek mahasiswa Unila yang sedang KKN dalam kegiatan FP2L, agar mereka bertambah bekal pengalaman dan pengetahuannya guna nantinya menjadi sarjana yang dapat mengembangkan potensi yang ada di daerah-daerah serta tidak mengandalkan untuk menjadi PNS saja,” kata Fajar.

Ketua FP2L Provinsi Lampung Untung Suharyono mengaku pihaknya sudah secara rutin melakukan komunikasi dengan para mahasiswa Unila yang sedang KKN, utamanya di Kecamatan Sendang Agung.

“Nanti kami akan libatkan mahasiswa KKN dalam kegiatan FP2L,” ujar Untung.

Dalam pertemuan di kediaman Ketua FP2L itu juga hadir mahasiswa KKN Unila yang ada di Desa Sendang Asri, terdiri dari M. Dandy Wiranaldi, Fitra Agustama, Septrianda Baratama, Rahmanindya DP, Zefni Aprilia, Yolanda Dwi Putri dan Dwi Arum Mufidah, serta Tatang Supriyatna, Kadus I Sendang Asri, Sendang Agung. Para mahasiswa Unila yang sedang KKN menyatakan kesiapannya bersama dengan FP2L membantu masyarakat. (ยค)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *