44 views

Hazizi Diusulkan Dicopot

HARIANFOKUS.com Anggota DPRD Lampung Fraksi PAN, M Hazizi diusulkan untuk dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK). Usulan pencopotan adik kandung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ini terkait dengan kurang disiplinnya dia dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

Wakil Ketua BK DPRD Lampung, Yanuar Irawan mengatakan, BK sebagai polisinya anggota DPRD seharusnya memberikan contoh kepada anggotanya.

“Saya sudah sampaikan secara personal kepada pimpinan saat rapim agar beliau ini dicopot atau digantikan. Karena ini menyangkut nama baik seluruh anggota,” kata dia saat diwawancarai HARIANFOKUS.com, (21/2).

Menurut politisi PDI P ini, ketua BK yang menjadi jatah AKD (alat kelengkapan dewan) dari Fraksi PAN sudah seharusnya membuat langkah tegas merespon pergantian M Hazizi.

“Karena ketua BK menjadi jatah Fraksi PAN maka mereka yang harus mengusulkan namanya. Kami tidak mempersoalkan siapa yang akan menjadi penggantinya,” ungkapnya.

Disampaikannya juga, selama hampir 2,5 tahun menjabat sebagai ketua BK, M Hazizi baru sekali hadir dalam rapat internal BK.

“Seingat saya baru sekali beliau hadir. Ya selama ini, saya yang memimpin rapat karenakan di BK ini sistemnya kolektif kolegal,” ujarnya.

Ketua Fraksi PAN, Abdullah Fadri Auli menyarankan jika memang ada keinginan anggota BK untuk mengganti anggotanya (M Hazizi) dari ketua BK maka disampaikan secara tertulis.

“Kami belum tahu usulan (pencopotan) itu. Ketua BK itukan menjadi jatah fraksi kami, kami yang hanya bisa menggantinya. Kalaupun ada usulan dari anggota BK sampaikan saja ke pimpinan agar pimpinana menyurati kami,” tuturnya.

Aab begitu panggilannya akrabnya membantah jika M Hazizi dituduh kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Ia juga berkilah tidak mengetahui jika anggotanya itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Diakan lagi sakit, emang siapa yang mengusulkannya. Kita tidak menerima surat kalau menyatakan beliau tidak disiplin,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *