20 views

Rekanan Tuding Dinas PU Tuba Tak Becus

HARIANFOKUS.com – Kontraktor proyek ruas Jalan Talang Buah, Kampung Aji Permai, Kec. Gedung Aji Tulangbawang berkilah jika pihaknya yang asal-asalan dalam pengerjaan proyek yang kini rusak parah tersebut. Menurut dia, proyek yang menelan anggaran Rp 4 Miliar bersumber dari APBD kabupaten setempat rusak akibat Dinas PU tidak becus dalam proses perencanaannya.

Gunawan selaku kontraktor mengatakan, bahwa dirinya sudah seringkali menyarankan pihak Dinas PU Tuba agar ruas jalan tersebut di beton. Hal ini jika merujuk jalan umum menurut fungsinya berdasarkan pasal 8 Undang-undang No 38 tahun 2004 tentang jalan dikelompokkan ke dalam jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan sedangkan ruas jalan Talang Buah dikategorikan kelas III.

“Sementara ruas jalan Talang Buah  jalan kelas III, yaitu jalan arteri, kolektor, lokal, dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.100 mm, ukuran panjang tidak melebihi 9.000 mm, ukuran paling tinggi 3.500 mm, dan muatan sumbu terberat 8 ton, seharusnya jalan itu dibeton,” ungkap Gunawan, Rabu 22/2.

Menurut Gunawan, jika dalam hitungan bisnis dirinya sudah rugi dalam pengerjaan proyek yang baru beberapa bulan terakhir serah terima.

“Karena perencanaannya juga salah jadi takut salah ngomong, kalau masalah kerjaan sudah rugi, rugi banget dandan sudah 4 x (empat kali).Pihak dinas di kasih saran enggak pernah percaya,” ungkapnya.

Sebelumnya, anggota DPRD setempat asal fraksi PKS menyayangkan rusaknya jalan ruas Talang Buah tersebut.(saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *