8 views

Nanang : KPU dan Bawaslu, Pahit Tapi Manis

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung siang ini, Kamis (16/3) menggelar dialog dengan menghadirkan narasumber Ketua DKPP Prof. Jimly, Bawaslu Lampung Nazaruddin Togaratu, dan Ketua ICMI Lampung Yusuf Barusman di Aula KPU setempat dan dihadiri KPU Kabupaten/ Kota se- Lampung.

Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono dalam membuka dialog menyampaikan, pentingnya dialog dengan mengangkat tema “Memperkuat Hubungan Sinergi KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk Meningkatkan Kemandirian Penyelenggara Pemilu” mengingatkan bahwa KPU, Bawaslu, dan DKPP sebuah kepanitian yang menjabat selama 5 tahun.

“Sehingga faktor yang membuat kepanitian ini menjadi mandiri ada tiga yaitu orangnya, sistem atau prosedur, dan tekhnologi,” ucapnya.

Disampaikan anggota KPU Lampung dua periode ini, Lampung yang akan menyelenggarakan pilgub dan dua pilkada diharapkan akan mendulang kesuksesannya seperti pada pilkada serentak sebelumnya.

“Kita punya kenangan hubungan pahit tapi manis kepada Bawaslu ketika menyelenggarakan pilgub lalu. Bagaimana ketika itu sebanyak 17 rekomendasi dari Bawaslu untuk KPU cukup merepotkan dan harus diselesaikan. Dan alhamdulillah selesai. Jadi, ini yang menjadi catatan kita bahwa yang memperlemah KPU dan Bawaslu ini adalah kita sendiri, mari kita ciptakan optimis dan hubungan baik pada pilgub nanti, kecuali pengawasannya,” tutur Nanang.

Sementara Jimly menyampaikan, bahwa pesta demokrasi di Lampung banyak menjadi sumber inspirasi sehingga diikuti kebijakan nasional.

“Kita harus bangga Lampung ini menjadi daerah inspirasi,” kata dia.

Untuk Pilgub Lampung tahun depan, Jimly berpesan kepada penyelenggara agar tetap profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Dimana-mana biasanya kalau pigub atau pilkada ada incumbent pasti ada saja masalahnya. Untuk itu kita tunjukan profesional kita dan berjalan sesuai aturan,” tutupnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *