Puncak HUT Tuba Ke-20 Diakhiri Tabur Bunga

HARIANFOKUS.com – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 20 kabupaten Tulangbawang ditandai digelarnya kegiatan upacara bendera di halaman kantor Bupati Tulangbawang Jl. Cemara Menggala. Senin (20/3). Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo,SH, Forkopimda dan jajaran DPRD Tulangbawang, Sekdakab Drs. Sobri.MM beserta pejabat Pemkab Tulangbawang, Camat, Lurah, Kepala Kampung, veteran pejuang, pelajar se Tulangbawang, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

“Dirgahayu Ke-20 kabupaten Tulangbawang, Sai Bumi Nengah Nyappur. Upacara ini adalah momentum penting pengingat sejarah. Tanggal 20 Maret 1997 lalu, Kabupaten Tulangbawang resmi berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus,” kata Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak saat menyampaikan amanatnya dalam upacara 20 Tahun Kabupaten Tulangbawang.

Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo.

“Dan marilah kita sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pendiri dan tokoh – tokoh pendahulu yang telah berjasa, serta telah menjadi catatan sejarah yang diharapkan dapat selalu diingat dan dikenang oleh seluruh masyarakat Tulangbawang, dari waktu ke waktu, dan dari generasi ke generasi. Selain itu mari kita junjung tinggi kebersamaan untuk mewujudkan kabupaten Tulangbawang yang lebih sejahtera, serta selalu mengedepankan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat maupun untuk mendukung pembangunan, kemajuan Kabupaten Tulangbawang,” pintanya.

Rangkai HUT Tuba salah satunya mengunjungi makam para pejuang.

Usai pelaksanaan upacara yang digelar di halaman kantor Bupati Tulangbawang ini, rangkaian kegiatan puncak peringatan HUT ke-20 Kabupaten Tulangbawang dilanjutkan dengan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Tiuh Toho Menggala. Acara Ziarah dan Tabur Bunga itu, diawali dengan upacara penghormatan kepada pahlawan yang dipimpin oleh Kapolres Tulangbawang, AKBP. Agus Wibowo.SIK. Setelah upacara penghormatan, lalu Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang, bersama Forkopimda dan pejabat Pemkab Tulangbawang kemudian melakukan tabur bunga pada makam-makam para pahlawan dari Kabupaten Tulangbawang, yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Tiuh Toho Menggala. Pada kesempatan itu, Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak.MS mengajak masyarakat agar selalu mengingat sejarah.

Suasan upacara di makam pahlawan Tuba.

“Termasuk perjuangan dan jasa-jasa tokoh pendahulu dan para pahlawan yang telah diberikan untuk Kabupaten Tulangbawang, Propinsi Lampung, maupun bagi bangsa dan Negara,” tuturnya.

Bupati Tulangbawang Ir.Hanan A Rozak.MS kemudian melanjutkan menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Tulangbawang. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian puncak peringatan HUT ke – 20 Kabupaten Tulangbawang, peringatan HUT ke – 53 Propinsi Lampung, di Kantor DPRD setempat. Dalam Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT ke – 20 Kabupaten TulangBawang itu, Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak.MS dalam sambutannya menyampaikan sejumlah perkembangan pembangunan dan kemajuan Tulang Bawang diusianya yang ke 20 tahun, terutama pada masa kepemimpinannya selaku Kepala Daerah Masa Bhakti 2012-2017. Didamping Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo.SH, Bupati Hanan A Rozak.MS mengatakan bahwa Ia telah berupaya untuk meletakkan kerangka pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan agar lebih efektif, aspiratif, akuntabel, dan berkelanjutan. “Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan kinerjanya dalam pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang selama periode kepemimpinan kami”. Ujarnya Bupati Sejumlah perkembangan Tulang Bawang hingga usia 20 tahun sambung Bupati, pada aspek pemerintahan telah dilakukan upaya penataan dan pengelolaan keuangan daerah. Kabupaten Tulang Bawang berhasil meningkatkan anggaran yang dapat terealisasi dari sebesar Rp.715.360.778.756 Milyar pada tahun 2013 diperkirakan menjadi Rp. 1.155.764.627.091 Milyar pada tahun 2016 atau meningkat 62%.” Kemudian didapatnya penghargaan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2014 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dari Kementerian Keuangan, serta Predikat Pengelolaan Keuangan Daerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun berturut-turut dari BPK RI”. Jelas Dia Diteruskan Bupati, dibidang pemerintahan daerah disamping upaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur.” Pada akhir tahun 2016 juga telah dilakukan Penataan Organisasi Perangkat Daerah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 yang pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Tulang Bawang,” jelasnya Sementara pada bidang pembangunan, lanjut Bupati Hanan A Rozak.MS, pembangunan infrastruktur melalui Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK) yang dimulai tahun 2013.” Dengan dana stimulan yang dialokasikan selama 4 (empat) tahun mencapai ± 129 Milyar Rupiah, jumlah swadaya masyarakat diperkirakan mencapai ± 33,269 Milyar Rupiah dan menyerap tenaga kerja sebanyak ± 2.304.911 HOK,serta meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar ± 41,95 Milyar,” tuturnya

Bupati Tulangbawang HananA Rozak saat memimpin HUT Tuba.

Ditambahkan Bupati Hanan, Empat tahun GSMK dilaksanakan hasil fisiknya antara lain Jalan Onderlaagh sepanjang 296, 71 Km, Jalan Rabat Beton sepanjang 47,15 Km, Jalan Lapen 2,95Km, Timbunan Tanah Jalan dan Pemadatan sepanjang 67,1 Km, Jembatan 128 unit sepanjang 1.045M.”Dan, Gorong-gorong 521 unit sepanjang 12.579 M, Drainase 94 unit 44.559M, Talud 78 unit dengan panjang 6.103M, Tiang Jerambah Beton 6 unit sepanjang 2.223M, Pembukaan Jalan Baru sepanjang 1.400 M, Paving Blok Sepanjang 2.710 M, Pembangunan Balai Kampung 12 unit, Rehab Balai Kampung 12 unit, Pembangunan Gedung Posyandu 1 unit, Pembuatan Podium Olah Raga 1 unit, dan Pembangunan Gedung PAUD 2 unit.Selain melalui GSMK, Pembangunan infrastruktur yang dilakukan antara lain Rehabilitasi dan Peningkatan Jalan Hotmix sepanjang ± 178,22Km, Pembangunan Jalan Lapen sepanjang ±168,20Km, Pembangunan Jalan Onderlaagh sepanjang ± 58,182 Km, Pembangunan Jalan Base± 16,65 Km,Pembangunan Jalan BaseB ±23,3 Km, Pembangunan Rabat Beton dan Rigid Beton, Pemeliharaan rutin ruas jalan ± 31,06 Km, Pembangunan Jembatan ± 9 unit sepanjang 140,84 M, Pembangunan Drainase, Pembuatan talud dan gorong-gorong,” urainya. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *