0 views

KPU Lampung Akhirnya Punya Kantor

HARIANFOKUS.com – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung yang saat ini ditempati di Jl.Gajah Mada No. 87. Tanjungkarang Timur, Bandarlampung akhirnya menjadi kantor resmi lembaga penyelenggara pemilu ini. Kantor tersebut di hibahkan Pemerintah Provinsi Lampung yang sebelumnya hanya bestatus pinjam pakai kepada KPU Lampung.

Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo direncanakan besok Senin (10/4) akan menyerahkan langsung hibah tersebut.

“Acaranya besok Senin sekitar pukul 14.00 wib, diawali dengan tinjauan Gubernur Lampung ke kantor KPU,” kata Handy Mulyaningsih, Komisioner KPU Lampung, Handy Mulyaningsihvia whatss app, Minggu (9/4) malam.

Dijelaskannya, untuk Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) akan dilaksanakan oleh Sekda Provinsi Lampung ke Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono.

“Untuk Prasasti ditandatangani Gubernur, Ketua KPU Lampung dan Ketua KPU RI,”jelasnya.

Ditambahkannya, aset tersebut merupakan tanah dan bangunan seluas 2765 M2 yang berada di Jalan Gajah Mada No. 87. Tanjungkarang Timur, Bandarlampung.

“Saat ini memang kantor tersebut sudah digunakan. Kemudian dihibahkan ke KPU Lampung sejak 30 Desember 2016,” ungkapnya.

Harapannya, kata Handy pihaknya mendapatkan anggaran bantuan dari Pemda Provinsi atau pun APBN pusat agar dapat membangun gedung aula yang lebih luas.”Semoga aja dapat bantuan dari APBN juga dan Pemda,”kata dia.

Handy mengapresiasi  Gubernur beserta jajaran pemerintah daerah, yang telah memberikan perhatiannya kepada penyelenggara pemilu di Lampung, tidak hanya di provinsi tetapi juga di kabupaten/kota.

“KPU dan Bawaslu merupakan lembaga konstitusional yang akan terus ada dalam sistem ketatanegaraan dan selama demokrasi di Indonesia di praktikan, karena KPU merupakan lembaga yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Maka dia (KPU) perlu fasilitas kantor dan tanah yang cukup memadai serta luas, karena kalau kantornya kekecilan tidak maksimal dalam melayani peserta pemilu. Selain itu juga, agar penyelenggara pemilu dapat lebih independen, lebih baik dan semakin berintegritas,”tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *