12 views

Ada Yang Ngaku TS Cagub

┬ĄCatatan Fajrun Najah Ahmad (3)

KAMIS (27-4). Makan siang di Tayebah Restaurant Movenpick Hotel, Madinah. Ratusan jamaan asal Indonesia dari berbagai travel bertemu. Tak disangka, ada info salah satu calon gubernur di Lampung memberangkatkan 100 orang untuk umrah.

Siang itu, saya sama istri mendapat tempat makan di meja untuk 6 orang. Saat makan, 4 orang ibu yang duduk satu meja mengenalkan diri. “Kami dari Makassar,” ujar seorang diantara mereka.

Tentu, saya dan istri mengenalkan diri juga. “O dari Lampung ya.. Di travel kami ada 100-an jamaah asal Lampung. Katanya sih TS (tim sukses)-nya calon gubernur,” jelas salah satu dari 4 ibu-ibu yang tampilannya bak “sosialita” itu.

Spontan, sepenggal info itu menggelitik pikiran saya. Naluri jurnalis pun membuncah. Sambil terus menelisik jamaah, saya berdoa untuk bisa menyingkap info menarik itu.

Memang sudah lazim, bila mendekati masa pilkada, ada saja calon yang berbaik hati meng-umrah-kan orang-orang atau tokoh-tokoh yang bisa mendukungnya. Tapi, urusan pilkada di Lampung kan baru tahun depan: pilgub, Pilkada Lampung Utara dan Pilkada Tanggamus. Kok sekarang sudah ada yang memainkan “perjalanan batin” untuk pemikat?

Rasa penasaran saya akhirnya terjawab. Ba’da solat maghrib, saya, istri, teman seperjalanan; irvan dan vero, memilih mendahulukan makan malam. Kami duduk berempat, di ruang Tayebah Restaurant. Di sela-sela makan, dari meja sebelah terdengar gaya pembicaraan khas warga Lampung. Saya sapa, ternyata benar. Beberapa bapak itu asal dari Lampung Utara. Apakah mereka ini yang sempat mengaku ke teman satu travelnya sebagai TS cagub? “Ah, nggaklah. Kami diumrahkan Pak Agung, sebagian pakai dana sendiri,” aku bapak tua asal Kotabumi itu.

Perlahan tapi pasti, misteri itu pun akhirnya terkuak. Saya ketemu dengan Amir. Dia tampil layaknya kordinator ratusan jamaah asal Lampung Utara itu. “Saya masih keluarga Agung (Bupati Lampura). Tahun ini dia berangkatkan 125 tokoh agama. Yang umrah 100 orang. Yang 25 lainnya ada yang ke Vatikan dan sebagainya,” beber Amir setelah makan malam.

Pria bertubuh kekar yang mengaku pensiunan PNS ini menjelaskan, ratusan tokoh agama asal Lampura itu memang diberangkatkan Agung. Apakah ini bagian dari “ibadah politik” menyambut pilkada? Amir tak menjawab. Ia hanya tersenyum penuh arti.

Jadi apakah yang di-umrahkan- itu nantinya menjadi tim sukses (TS)-nya Agung sebagai cabup pada pilkada 2018 mendatang? Ataukah mereka nanti dijadikan TS untuk cagub Mustafa bila nyalon, karena Agung menjabat Ketua DPD NasDem Lampura dan Mustafa sebagai Ketua DPW NasDem Lampung? Wallahu a’lam bis sowaf. Biar waktu yang menjawabnya.

Apapun itu, banyaknya warga Lampung yang saat ini ada di Tanah Suci, tentu membanggakan. Pertanda tingkat keimanan semakin membaik. Jumat (28/4) siang waktu Arab Saudi, sekitar jam 14.00 WAS atau pukul 18.00 WIB, saya beserta rombongan, juga ratusan warga Lampung Utara, puluhan warga Metro dan Bandarlampung, bergerak meninggalkan Madinah. Kami menuju Makkah, untuk melaksanakan umrah. Semoga perjalanan kami semua sebagai warga Lampung ini akan membawa berkah ke depannya, amin. (Bersambung)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *