44 views

Gubernur Komitmen Tekan Angka Pengangguran

HARIANFOKUS.com – Alokasi belanja sektor kesehatan Provinsi Lampung yaitu sebesar 20,2%, Hal tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam memperluas akses dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Demikian disampaikan Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo saat menerima Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI, Selasa (02-05-2017) di Balai Keratun, Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Ridho memaparkan bahwa tingkat pengangguran di Provinsi Lampung cenderung menurun, angka Pengangguran Terbuka Provinsi Lampung pada tahun 2016 sebesar 4,62 persen (dibawah nasional sebesar 5,61%).

Mengenai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Provinsi Lampung, lanjut Ridho, pada tahun 2016 tercatat sebanyak 16.056 orang dan terus mengalami penurunan dengan tujuan terbesar ke negara Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

“Dengan pertumbuhan ekonomi saat ini, serta turunnya tingkat pengangguran di Provinsi Lampung, secara otomatis tingkat kemiskinan juga berhasil ditekan. Selama periode 2010-2016, persentase penduduk miskin menurun dari 18,94 persen menjadi 13,86 persen, namun masih lebih tinggi dibandingkan angka kemiskinan nasional yaitu sebesar 10,70 persen.” Katanya
Meski demikian, Program-program prioritas ketanagakerjaan dan kesehatan ini masih memerlukan dukungan dari seluruh stakeholder pembangunan, baik tingkat daerah maupun Pemerintah Pusat. “Untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dari para anggota Komisi IX DPR RI untuk alokasi pendanaan melalui APBN terkait: Peralatan kesehatan untuk pelayanan spesialistik dan penunjang di RSUD Bandar Negara Husada. Pengembangan pelayanan RSUD Abdul Moeloek dan RSJ Daerah Provinsl Lampung. Revitalisasi BLK serta pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi.” pungkas Ridho.

Sementara itu, Ketua Tim Rombongan Komisi IX DPR RI, H.Dede Yusuf Macan Effendi, ST, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembangunan SDM harus sejalan dengan Program Pemerintah Pusat, sesuai dengan bidang tugas Komisi IX mengenai pendidikan. Peningkatan Kualitas Guru tenaga pendidik, serta sarana prasarana pendidikan. Mengenai Kesehatan Fokus Kita tidak hanya Rumah Sakit, namun penguatan peran Puskesmes dalam menangani dan melayani persoalan kesehatan masyarakat. Salah satu point pentingnya adalah distribusi tenaga medis merata proforsional diseluruh puskesmas yang ada di Provinsi Lampung.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan Diskusi dengan anggota DPR RI yang hadir diantaranya Abidin Fikri, SH. MH (F- PDI P), Betti Shadiq Pasadigoe (F- P.GOLKAR), drg. Putti Sari (F-P. GERINDRA), dr. Adang Sudrajat, MM (F-PKS), Frans Agung MP Nata Manggala (F-P. HANURA), Drs. H. irgan Chairul Mahfiz (F-PPP), nursuhud (F-PDI P). dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BKKBN, serta Dinas terkait dibawah koordinasi Kementerian Mitra DPR RI komisi IX. (ist)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *