14 views

PSI Lampung Terancam Bubar

HARIANFOKUS.com – Satu persatu pengurus Partai Solidaritas Indonesia Lampung mengundurkan diri. Partai yang dinahkodai Beni Arifin ini pun terancam bubar. Banyaknya kader PSI Lampung yang mundur juga akan menentukan nasib PSI lolos atau tidaknya pada verifikasi KPU Lampung yang akan digelar pada Oktober 2017 mendatang.

Berdasarkan data yang dihimpun HARIANFOKUS.com, pengurus yang mengundurkan diri yakni DPD PSI Pesawaran dan Tulangbawang. Sementara untuk DPD Lampung Barat dan Way Kanan hingga saat ini belum ada pengurusnya.

Sedangkan untuk DPD PSI yang sudah ada pengurusnya yakni Lampung Utara dan Tanggamus terancam bubar karena terjadi konflik internal kepengurusan. Demikian juga Pringsewu dan Bandarlampung yang saat kini belum memiliki kantor.

Data yang dihimpun juga, banyaknya pengurus PSI Lampung yang mengundurkan diri disinyalir karena tidak becusnya Ketua DPW PSI Lampung, Beni Arifin dalam menjalankan roda organisasi.

“Iya mau gimana, ketuanya aja kaku tidak ada pergerakan. Jadi kader bosen dibuatnya,” kata salah satu kader PSI Lampung, Rabu (10/5).

Beni Arifin saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui atas adanya kader PSI Lampung yang mengundurkan diri.

“Wah saya belum tahu malah, nanti saya cek dulu,” singkat Beni melalui pesan WhatsApp.

Terpisah anggota KPU Lampung, M Tio Aliansyah mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi parpol peserta pemilu 2019. Menurutnya, pihaknya juga menunggu kepastian verifikasi parpol setelah tahapan ditetapkan.

“Perkiraan di Tahun 2017 sudah mulai verifikasi parpol. Kalau melihat dalam RUU (Pemilu), 15 bulan sebelum hari H Pemilu 2019 maka Parpol sudah ditetapkan sebagai peserta pemilu,” ujarnya.

Dijelaskanya, dalam melakukan veriikasi Parpol Peserta Pemilu nantinya akan meggunakan Sistem Informasi Parpol (Sipol). Karena itu, diharapkan seluruh Parpol memahami betul tata cara pengisian Sipol tersebut.

“Karena kalau tidak mengisi Sipol ini, pendaftaran mereka nantinya tidak diterima di KPU. Ini sebagai salah satu syaratnya. Ini menjadi penting karena di Sipol akan tercantum nama-nama kepengurusan partai. Kemudian keanggotaan di pusat hingga kabupaten,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *