15 views

2019 Target Puskesmas Tulang Bawang Sudah Terakreditasi Semua

Harianfokus.com, Menggala – Pelayanan Kesehatan yang bermutu acap dikeluhkan masyarakat secara umum karena sarana dan prasarana, juga minimnya tenaga kesehatan di puskesmas. Sementara, keberadaan puskesmas sebagai sebaga garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat dituntut lebih professional.

Hal tersebut, menurut Kadis Kesehatan Tulang Bawang, Heri Novrizal salah satu solusinya adalah peningkatan mutu puskesmas melalui proses akreditasi. “Akreditasi puskesmas memiliki manfaat langsung terhadap pelayanan kesehatan, sperti memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan, karena proses menuju akreditasi kita dituntut memenuhi syarat kualitas mutu pelayanan,” papar Heri.

 

Maka, dinkes Tuba terus mengoptimalkan segala persiapan dalam rangka mengejar target 2019 semua puskesmas ter-akreditasi. Masih menurut Heri Novrizal, persiapan yang telah dilakukan sebagai bagian dari proses akreditasi puskesmas tahun 2017, yaitu workshop dan pendampingan terhadap puskesmas.

“Melalui akreditasi puskesmas ini harapannya semoga seluruh puskesmas di Kabupaten Tulang Bawang dapat menunjukan kualitas mutu dalam pelayanan secara berkesinambungan, bukan hanya saat untuk dinilai namun secara terus menerus dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Dan Mudah-mudahan Kabupaten Tulang Bawang kedepannya dan seterusnya akan menjadi Kabupaten yang benar-benar memberikan kualitas dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang,” imbuhnya.

 

Proses Akreditasi Puskesmas selanjutnya di tahun 2017 akan dilaksanakan pada delapan Puskesmas, yaitu (1). Puskesmas Sidoharjo, (2). Way Dente, (3). Menggala, (4). Gedung Meneng, (5). Gedung Rejo Sakti, (6). Tiuh Toho, (7). Makartitama, dan; (8). Pasiran Jaya.

 

Selanjutnya, puskesmas di Kabupaten Tulang Bawang yang akan mengikuti proses Akreditasi pada tahun 2018 adalah: (1). Puskesmas Rawa Jitu, (2). Gedung Karya Jitu, (3). Rawa Jitu Timur, (4). Gedung Aji, (4). Rawa Pitu, (5). Lebuh Dalam, dan; (6). Banjar Baru, dengan harapan semua puskesmas di Kabupaten Tulang Bawang telah terakreditasi di tahun 2019.

 

Semoga, proses akreditasi yang menjadi target dinkes Tuba sesuai dengan tujuan dan manfaatnya, yaitu:

  1. Memberikan keunggulan kompetitif;
  2. Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasyankes;
  3. Menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat;
  4. Meningkatkan pendidikan pada staf Fasyankes primer untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat;
  5. Meningkatkan pengelolaan risiko baik pada pelayanan pasien baik di Puskesmas maupun fasyankes primer lainnya, dan penyelenggaraan upaya Puskesmas kepada masyarakat;
  6. Membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer;
  7. Meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja;
  8. Meningkatkan keamanan dalam bekerja.
Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *