58 views

Rio Pelajar Lampung Tengah Raih Medali Emas

HARIANFOKUS.com – Prestasi gemilang kembali diraih Rio Helmi Saputra, pelajar asal Lampung Tengah yang mewakili Indonesia dalam seleksi ESP (Entry Soccer Profesional) di Madrid, Spanyol 28-29 Mei lalu. Ajang bergengsi bagi seleksi pemain muda ini berhasil membawa Rio dan timnya pulang membawa medali emas.

Rio menjadi satu-satunya pesepakbola di Lampung Tengah dan Lampung yang memperkuat Tim Nasional Sepak Bola Anak Indonesia (Timnas SBAI) dalam kejuaraan bergengsi Barcelona Football Festival.

Putra pasangan Asep (39) dan Enita (38) ini, bersama 23 pemain lainnya asal penjuru tanah air berhasil mengalahkan tim asal Irlandia dalam laga final dengan skor 1-0. Sebelumnya, siswa SMPN 4 Terbanggibesar ini juga sudah tampil di ajang yang sama di tahun 2016 lalu.

Pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Inti Bandarjaya, Sunarto mengatakan, anak asuhnya itu bisa bergabung dalam Timnas karena terpilih melalui seleksi nasional setelah mengikuti ajang kompetisi BAI di Jakarta.

“Dari Lampung, Rio menjadi satu-satunya pemain yang lolos seleksi. Alhamdulillah sesuai dengan harapan, Rio pulang membawa medali emas. Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri,” kata Sunarto, Kamis (8/6/2017) saat mendampingi Rio menemui Bupati Lamteng, Mustafa di ruang kerja .

Sementara itu Korwil SBAI Lampung Ivan Sumantri mengatakan jika Rio dapat lolos dalam seleksi tersebut, nantinya akan mendapatkan beasiswa pendidikan sepak bola selama 3 tahun dari Federasi Sepakbola Spanyol. “Untuk itu kami sangat berharap Rio bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik”, tuturnya.

Kemenangan Rio di laga internasional sangat diapresiasi Bupati Mustafa. Untuk kali kedua Rio mewakili Lampung, bahkan Indonesia berlaga di kelas dunia dan berhasil membawa medali emas.

“Hal ini menunjukan Lampung Tengah memiliki potensi bibit atlet yang baik, khususnya sepak bola. Saya bangga sekali, meski kita level kabupaten, namun ternyata banyak anak-anak kita yang mampu bersaing ditingkat internasional. Saya siap support,” ungkap Mustafa.

Untuk memaksimalkan potensi olahraga di Lamteng, ke depan pemkab akan memberikan perhatian lebih pada bibit-bibit berprestasi yang ada di Lamteng. Sebelumnya Mustafa juga telah memberikan beasiswa kepada sejumlah atlet sepak bola untuk belajar di beberapa negara.

“Kami telah suport beasiswa untuk para atlet. Baru-baru ini kami kirim dua orang ke china, sebelumnya ada yang ke Malaysia dan Barcelona. Ini bukti bahwa kami sangat suport melahirkan atlet-atlet berprestasi, khususnya dibidang sepak bola,” ujar bupati ronda ini.

Ia juga meminta dinas terkait untuk bisa menginterisir atau memetakan potensi anak-anak, untuk kemudian dikembangkan secara optimal. Menurutnya Image Lampung Tengah sebagai lumbung atlet sepak bola harus terus ditingkatkan. (ist)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *