1 views

PKBI Lambar Gelar Lomba Rekreasi

HARIANFOKUS.com -Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat menggelar kegiatan Lomba Olahraga Rekreasi. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemedekaan Republik Indonesia yang ke-72. Kegiatan yang diselenggarakan di Gang Serasan Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit diikuti para ibu-ibu yang berdomisili pemangku Pringtebak dan Sukajadi II (Gang Pekonan, Serasan, Perintis, dan Aksah) Kelurahan setempat, yang juga sebagian besar merupakan pengurus dan anggota Kelompok Usaha Ekonomi Produktif (KUEP) Labu Indah. Sedangkan kegiatan ini bertema : “Merdeka Itu Bebas Berkreasi, Tapi Harus Tetap Selaras Dengan Etika dan Moral Bangsa Indonesia”, kata Sekretaris Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Cabang Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang setempat Hj. Yulia Mamur Azhari.

KUEP Labu Indah (Lebih Asyik Bikin Usaha, Ingin Nambah Duit Asal Halal) merupakan bentukan dan binaan PKBI Cabang Lampung Barat. Kelompok ini dibentuk Juni 2002. Ketua yang pertama Sutarti Mauluddin. Saat ini kelompok ini diketuai oleh Maryati Suradi.

Lebih lanjut menurut Sandarsyah, tangkai yang diperlombakan adalah, Balap/Giring Ban Motor dan Balap Karung Berpasangan. Lalu Lomba Jalan Cepat, Sambil Memasukkan Benang ke Lubang Jarum (peserta memakai topeng sekura), Memasukkan Paku Dalam Botol (peserta memakai topeng sekura), serta Memecahkan Balon Berisi Air Dengan Mata Tertutup.

Adapun hasil akhir perlombaan, Juara I Balap/Giring Ban Motor diraih oleh Ita; Juara II Rini, dan Juara III Wdyaningsih. Dan Juara I Balap Karung Berpasangan diraih oleh RIni & Ita; Juara II Eka & Eliyanti; dan Juara III (Winari & Peta).

Sedangkan Juara I Lomba Jalan Cepat Sambil Memasukkan Benang Dalam Jarum diraih oleh Desi; Juara II Hel; dan Juara III Rini. Lalu Juara I Memasukkan Paku kedalam botol diraih oleh Susilawati; Juara II Hel; dan Juara III Peta. Terakhir Juara I Memecahkan Balon Berisi Air Dengan Mata Tertutup diraih oleh Ayu Monica; Juara II Winari; serta Juara III Bude Karwo.

Disamping itu menurut Sandarsyah, tujuan dari olahraga reakreasi ini adalah untuk memperoleh kesehatan. Kebugaran jasmani, dan kegembiraan. Lalu olahraga ini juga dapat membangun hubungan sosial  antar sesama. Dan terakhir, untuk melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional. Oleh karena itu pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat berkewajiban menggali, mengembangkan, dan memajukan olahraga reakreasi ini. Masyarakat yang dimaksud disini adalah PKBI termasuk didalamnya.

Oleh karena itu PKBI memberi apresiasi sekali dalam kegiatan ini. Olahraga rekreasi ini diharapkan dapat diupayakan pembinaan dan pengembangannya. Olahraga ini hendaknya dapat dilaksanakan dan diarahkan untuk memassalkan olahraga reakreasi sebagai upaya untuk mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan terjalinnya hubungan sosial.

Pembinaan dan pengembangan yang dimaksud, dapat dilaksanakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan atau masyarakat dengan membangun dan memanfaatkan potensi sumberdaya, prasarana, dan sarana olahraga rekreasi yang ada. Lalu dalam hal pembinaan dan pengembangan olahraga reakreasi yang bersifat tradisional hendaknya dilakukan dengan menggali, mengembangkan, melestarikan, dan memanfaatkan olahraga tradisional yang ada dalam masyarakat. Terakhir, diharapkan pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi dilaksanakan berbasis masyarakat dengan memperhatikan prinsip mudah, murah, menarik, manfaat, dan massal pungkas Sandarsyah. (wirda/di)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *