Suport Program Ronda, Warga Asto Mulyo Swadaya Bangun Poskamling

HARIANFOKUS.com – Program ronda yang digulirkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa terus mendapatkan suport dari masyarakat. Di Kampung Asto Mulyo, dukungan tersebut diwujudkan dengan membangun pos ronda secara swadaya.

Selain mengandalkan dana dari pemerintah kabupaten (Pemkab) sebesar Rp 5 juta, pembangunan pos ronda seluas 5×6 meter ini juga mengandalkan hasil swadaya masyarakat setempat.

Kini pos ronda megah tersebut telah diresmikan langsung oleh Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa yang ditandai dengan pemotongan pita, Jumat, 25/8/2017. Pos ronda tersebut dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran, obat-obatan dan televisi.

Camat Punggur, Herman SE mengatakan pembangunan pos ronda merupakan tindak lanjut dari program keamanan bupati dimana tiap-tiap dusun mendapatkan anggaran Rp 5 juta untuk pembangunan pos ronda.

“Namun warga berserta aparatur kampung berinisiatif membangun pos ronda yang representatif, dimana pos ronda lebih luas dan dilengkapi dengan alat pemadam, obat-obatan dan TV. Karenanya warga berswadaya membangun pos ronda tersebut,” ungkapnya.

Pembangunan pos ronda sendiri telah sepenuhnya dilakukan ditiap-tiap kampung di Punggur. Hal ini sebagai bentuk suport untuk menyukseskan program keamanan yang digulirkan bupati Mustafa.

“Tak hanya fisik, keaktifan masyarakat untuk ikut ronda juga terus ditingkatkan. Kami ingin kampung aman, tidak ada lagi begal dan masyarakat juga nyaman. Kami akan suport terus. Apalagi ada teladan dari bupati yang terus terjun ronda bersama masyarakat. Kami makin semangat,” ungkap dia.

Sementara itu Bupati Mustafa menuturkan Pemkab Lampung Tengah telah menganggarkan dana Rp 5 juta untuk membangun satu Poskamling di masing-masing dusun dengan anggaran Rp 10 miliar untuk pembangunan pos ronda.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab dalam rangka meningkatkan pengamanan di Lampung Tengah. Saya harap upaya ini bisa menjadi langkah efektif mewujudkan keamanan di Lamteng,” ungkapnya.

Mustafa menegaskan, selama kepemimpinannya ia tidak akan berhenti untuk melakukan ronda malam ke kampung-kampung sampai keamanan Lampung Tengah terwujud. Ia meminta dukungan dari seluruh elemen lapisan masyarakat untuk mewujudkan Lamteng yang aman dan kondusif.

“Mari kita bersama sama bangun Lamteng, caranya dengan gotong royong atau pemberdayaan masyarakat. Saya akanbangun dan tata kabupaten ini mulai dari tingkat kampung dengan cara menciptakan rasa aman dan kondusif di setiap wilayah,” kata Mustafa.(sur/win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *