Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Menggala Ludes Terbakar

HARIANFOKUS.com – Sebuah rumah di jalan I ujung gunung ilir (UGI), kelurahan ujung gunung, kecamatan Menggala ludes dilalap si jago merah. Rumah yang sebagian besar berbahan kayu itu, di duga terbakar akibat korsleting listrik.

Rumah milik arifat (45) warga UGI, terbakar saat penghuninya tengah tidak ada di rumah.

Fitria (27) yang masih warga sekitar mengatakan, kejadian tersebut dilihatnya sekitar pukul 09.15 WIB, ketika itu api sudah dalam keadaan membesar “Kami sempat mendengar ledakan dari dalam rumah mas. Saat itu asapnya tebal keatas,” katanya di lokasi kejadian.

Dari pantauan Radarlampung di lokasi kejadian, regu pemadam kebakaran dengan dua unit mobil pemadam kebakaran dan warga sekitar dengan alat seadanya tengah sibuk membantu memadamkan si jago merah.

Pemadam kebakaran terlihat kesulitan lantaran ramainya warga yang menonton dan memadati bahu jalan dengan kendaraannya.

Sementara, Komandan Pleton (Danton) Pemadam Kebakaran (Damkar) Heri Iswanto menceritakan, orang pertama yang melihat dan memberitahukan kejadian kebakaran tersebut adalah anggotanya yang kebetulan melewati lokasi “Yang tau pertama anggota kami yang kebetulan sedang melewati lokasi,” ungkapnya saat ditemui di markas damkar, kemarin (8/9).

Heri sapaannya melanjutkan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 09.29 WIB saat anggotanya memberi kabar telah terjadi kebakaran “Saat itu kami datang api memang sudah besar membumbung tinggi. Rumah kebetulan sedang kosong karena penghuninya sudah berangkat kerja,” terangnya.

Ia menambahkan, pada saat bersamaan kondisi sekitar rumah memang tengah sepi lantaran tengah menjalankan kesibukan masing masing “Bahkan tetangga sebelah rumahnya tau setelah api sudah besar. Karena posisinya sedang ada di warung dia,” ucapnya.

Setelah mendapatkan laporan itu, pihaknya langsung datang dengan dua unit mobil pemadam kebakaran dan langsung berjibaku memadamkan si jago merah yang tengah semakin membesar dan dapat dipadamkan setelah sekira 1 jam “2 unit, kita bolak balik ambil air sekitar 10 kali. Setelah sekitar satu jam api baru padam. Jalan yang padat dan banyaknya warga sekitar yang nonton jadi kendala kami mas,” akunya.

Heri juga mengatakan, sempat terdengar ledakan saat api tengah membumbung tinggi ke langit “Sempat ada ledakan juga tadi. Tapi bukan karena gas, karena gas kita lihat masih utuh. Kemungkinan dari sepeda motor yang ada di dalamnya,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Menggala AKP I Nyoman Cenik saat ditanya terkait dugaan sementara mengungkapkan, korsleting listrik di duga menjadi penyebab utama kebakaran rumah berukuran sekitar 6×12 meter itu.

“Dugaan sementara korsleting listrik. Kalau untuk rincian keseluruhan kerugian kita belum tau. Kita bersyukur gak ada korban karena rumah dalam keadaan kosong waktu kebakaran,” ungkapnya.

Sementara itu, MA Saidi salah satu kerabat pemilik rumah menjelaskan, saat kejadian itu rumah memang tengah kosong lantaran saudaranya telah beraktifitas “Ipar saya sudah berangkat kerja, sementara anaknya sudah berangkat sekolah,” terangnya.

Terkait kerugian, ia menaksir global mencapai 150 sampai 200 juta rupiah “Karena di dalamnya ada motor dua. Uang cash ada sekitar 20 juta. Emas sekitar 50 gram,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, rincian itu belum termasuk barang barang lain seperti televisi, kulkas, komputer dan perabotan rumah lainnya.

Saidi mewakili keluarga menyayangkan, hingga pukul 18.00 WIB rumah tersebut belum di berikan garis polisi.

“Kami takut karena keluarga belum ada yang sempat mencari harta benda yang tersisa,” sesalnya.

Selain itu, pihaknya masih menunggu penyelidikan kepolisian terkait penyebab pasti kebakaran yang menimpa rumah saudaranya itu.

“Apakah memang arus pendek atau apa,” tandasnya. (didi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *