32 views

Dari Diskusi HMI, Musdaprov KNPI Diharapkan Jadi Kebangkitan Kelompok Cipayung

HARIANFOKUS.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Bandarlampung, Sabtu (7/10) malam menggelar diskusi Candradimuka dengan mengangkat tema “KNPI :Dulu, Sekarang, dan Nanti” di Komisariar Cabang HMI Kota Bandarlampung.

Diskusi ini menghadirkan narasumber mantan Ketua Cabang HMI Kota Bandarlampung Asrian Hendicaya, Ketua DPD KNPI Tulangbawang Reka Punnata, Tokoh Pemuda Hardito (Dito Pairin), dan Sekretaris DPD KNPI Lampung Tengah Muhammad Ersad.

Dalam diskusi itu mengulas berdirinya KNPI yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Kelima organisasi kemahasiswaan ini lebih dikenal dengan kelompok cipayung.

“Musdaprov KNPI Lampung ini harus direbut oleh kelompok-kelompok cipayung. Jangan hanya dapat melahirkan saja, melainkan mempunyai tanggungjawab dalam merawat dan membesarkan namanya,” ujarnya Asrian.

Kondisi KNPI Lampung saat yang dipimpin Teguh Wibowo terkesan kurang gerget dan tak mampu mendefinisikan permasalah-permasalahan bangsa yang ada.

“Menurut saya KNPI saat ini kurang gerget, dan tidak memiliki kontribusi yang jelas terhadap permasalahan bangsa. Pemuda dan mahasiswa itu akan selalu hadir dan berkontribusi terhadap masalah bangsa. Dan siklus sejarah akan selalu membawa pemuda dan mahasiwa ikut berperan,” ulasnya.

Sementara Ketua DPD KNPI Tulangbawang Reka Punnata juga menyampaikan bahwa kondisi KNPI saat ini sangat mengkhawatirkan. Sehingga dalam Musdaprov KNPI Lampung nanti diperlukan kandidat yang progresif dan visioner.

“Bukan hanya kawan-kawan dari eksternal saja yang mengatakan bahwa KNPI saatni stagnan, saya yang berada diposisi internal saja mengakui itu,” ujar Reka.

Aktivis HMI ini mengharapkan kedepan, akan lahir ketua KNPI yang progresif dan visioner dan memiliki kontribusi yang jelas terhadap pembangunan  daerah.

“Saya berharap akan ada lahir calon-calon ketua KNPI dari kelompok cipayung tanpa mendeskriditkan OKP ataupun organisasi kemahasiswaan yang lain,” tandas Reka. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *