Agus BN Langgar Sumpah Jabatan

HARIANFOKUS.com – Profesi Agus Bhakti Nugroho sebagai Pengacara kini menjadi sorotan. Seperti diketahui “orang dekat” Bupati Lampung Selatan ini menjabat sebagai anggota DPRD Lampung 2014-2019.

Padahal jika merujuk dalam UU No 17/2014 mengatur bahwa baik anggota DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota dilarang merangkap jabatan. Larangan rangkap jabatan anggota legislatif diatur juga dalam UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

Pengamat hukum Unila Yusdianto menyayangkan rangkap jabatan oleh Agus BN sebagai pengacara merupakan pelanggaran sumpah jabatan.

“Sewaktu dirinya dilantik maka otomatis jabatannya juga berubah termasuk jabatan dalam identitasnya atau di KTP, bila masih menggunakan jabatan lama dan mengatakan hanya menyesuaikan dengan yang ada di KTP itu hanya jawaban klise berati orang itu belum paham dengan UU jabatannya,” urainya, Senin (9/10).

Yusdianto meminta Badan Kehormatan DPRD Lampung memberikannsanksi tegas kepada Agus BN.

“Anggota dewan tak boleh bohong terkait profesi, karena┬ádiatas sumpah jabatan,” terangnya.

Agus BN sebelumnya melaporkan Hipni ke Polres Lampung Selatan karena diduga telah menyebarkan fotonya bersama tumpukan uang di media sosial. Dalam laporan itu Agus BN menyatakan jabatannya sebagai pengacara. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *