9 views

Ridho Dapat Suntikan Baru

HARIANFOKUS.com – Keputusan DPP PPP untuk memberikan dukungan kepada petahana M. Ridho Ficardo dalam bentuk surat tugas, dengan syarat tertentu dan batas waktu menjadi suntikan tenaga baru untuk Ridho berlayar di pilgub 2018. Jika dukungan PPP tidak berubah, maka saat ini koalisi Ridho sudah mencapai 15 kursi (Demokrat 11, PPP 4), tinggal mencari sisa 2 kursi lagi.

Pengamat politik Lampung Robi Cahyadi mengatakan, parpol koalisi lain perlu segera didapatkan oleh petahana Ridho, untuk memenuhi syarat pada surat tugas dari PPP.

“Karena rekommendasi resmi dari parpol belum ada yang sesuai dengan format KPU, maka peluang parpol lain untuk mengalihkan dukungan ke calon-calon lain masih terbuka, termasuk kepada petahana Ridho. Gerindra, PKS, atau PDIP sekalipun masih berpeluang mengalihkan dukungan,” kata dia, Senin (30/10).

Untuk saat ini posisi wakil memang menjadi alat bargaining paling efektif untuk menarik ke sumbu koalisi para cagub, tetapi perlu ditelaah kembali, posisi wakil harus berperan sebagai ‘vote getter” bukan ‘ghost shadow”, yang hanya diajukan sebagai syarat memenuhi kuota pencalonan dalam pilgub.

“Terkait kontestasi pilpres 2019, pelaksanaan pilkada/pilgub 2018 menjadi tolak ukur, sehingga terkait juga dengan dukungan parpol ditingkat pusat kepada capres tertentu. Pola dukungan capres, menjadi alat bargain kepada cagub untuk bisa memakai kendaraannya, misalny Gerindra di Lampung,” ungkapnya.

Terpisah petinggi Demokrat Lampung Imer Darius mengaku pihaknya masih menunggu surat tugas resmi dari DPP PPP.

“Belum bisa komentar, suratnya belum kita terima, baru dapat informasi. Tapi kalaupun ada penugasan terkait persiapan untuk pilkada, kita akan laksanakan sebaik-baiknya,” ujar dia.

Lalu bagaimana terkait wakilnya Ridho? Apakah akan tetap menggandeng Bachtiar Basri atau Mukhlis, Mustafa, dan Gunadi Ibrahim? Imer mengaku masih digodok.

“Masih digodok, belum mateng, nanti kalau sudah mateng baru kita kasih tahu,” ujarnya.

PPP Lampung Jemput Bola

KETUA DPW PPP Lampung Hasanusi membenarkan bahwa DPP PPP sudah memutuskan untuk memberikan surat tugas kepada petahana, Ridho Ficardo.

Saat ini dirinya sedang bertolak ke DPP untuk menjemput surat tugas.

“Saya sedang diperjalanan menuju Jakarta untuk menjemput surat,” singkatnya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *