Si Dul Ngaku Cuma Nyoba Baju Doang

HARIANFOKUS.com – Meruyaknya kabar Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan, Drs Dulkahar, berpolitik karena hadir pada acara pelantikan pengurus DPW PAN Lampung, Senin (6-11) lalu, dengan pakaian jas partai matahari terbit itu, mendapat sorotan berbagai kalangan.

Posisinya sebagai ASN-lah yang dipersoalkan. Netralitas pegawai pemerintah dalam urusan politik praktis sudah jelas aturannya.

Lalu apa kata Dulkahar atau yang beken disapa Si Dul itu? “Siapa yang berpolitik? Mana ada saya terdaftar dalam salah satu partai,” kata dia.

Kalau tidak berpolitik mengapa memakai jas partai? Dengan santai, Si Dul menukas: “Kalau cuma nyoba baju jualan orang aja, kan bukan berpolitik!”

Dulkahar juga sempat mengomentari judul berita di Harianfokus.com: bupati Ketua partai, si Dul berpolitik,  dengan pernyataan: “Wah, judulnya boleh juga!”

Sebelumnya, pengamat Hukum Unila Yusdianto, menyampaikan sesuai pasal 9 ayat (2) UU ASN bahwa pegawai ASN tidak boleh bermain politik.

“Pasal 9 ayat (2) UU ASN menyatakan bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,” kata dia saat dihubungi, Selasa (7-11)

Kandidat Doktor Hukum Universitas Padjajaran ini menegaskan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) juga sudah menegaskan keharusan ASN untuk bersikap professional.

“Menjadi ASN berarti mengikatkan diri pada ketentuan, syarat, dan kewajiban sebagai ASN. Netralitas, independensi, dan keadilan dalam menjalankan tugas pelayanan publik tidak boleh terhambat oleh political interest,” tambahnya.

Apalagi, kata Yusdianto, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sudah berkali-kali mengingatkan itu kepada semua instansi di pusat maupun daerah.

“Menjadi ASN adalah pilihan untuk menjadi pelayan negara, melayani publik. Jika keinginan untuk terlibat dalam politik praktis masih menggelegak, berarti orang itu tidak konsisten,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *