2 views

KPU Tuba Ingatkan Pentingnya Integritas dan Netralitas

HARIANFOKUS.com – KPUD Tulangbawang melantik sebanyak 453 anggota PPS di Lapangan Indoor Tenis Menggala pada, Jum’at (10/11) siang. Pelantikan ini dihadiri Kaban Kesbangpol Tuba, Polres Tuba, Pengadilan Agama, dan beberapa Ormas.

Ketua KPUD Tuba Reka Punnata mengatakan, 453 anggota PPS tersebar dari 151 kampung/kelurahan yang ada di 15 Kecamatan Tuba.

“Sebagai penyelenggara PPS harus menjaga integritas dan netralitas. Tidak berpihak kekiri maupun kekanan. Dengan modal integritas dan netralitas maka orang akan menghargai kita sebagai penyelenggara. Kita kembalikan kepercayaan publik terhadap penyelenggara dan perbaiki kualitas demokrasi,” kata Reka dalam sambutannya.

Menurut Reka, Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis. Pemerintahan yang demokratis, harus melalui pemilu yang demokratis.

“Bagaimana pemerintahan bisa demokratis jika proses pemilihan kepala pemerintah/kepala daerahnya tidak demokratis. Oleh sebab itu, pemilu yang demokratis harus diwujudkan, caranya jaga integritas, profesional, independensi dan selalu berlaku adil,” ujar Reka.

PPS juga diminta menjaga kedaulatan rakyat pada pemilu dengan memastikan hak pilihnya pada pilgub mendatang.

“Pastikan hak pilihnya dan jaga hak pilihannya. Karena itulah substansi dari demokrasi elektoral. Demokrasi adalah keterbukaan (siap dikritik).
Ada kalanya dalam rumah tangga (dengan istri/suami) sekalipun ada rahasia, rahasia tentang pilihan.Tapi sebagai penyelenggara berceritalah dengan mendidik. Mendidik dalam hal misalnya berapa jumlah penduduk, berapa DPT, jumlah TPS, anggota KPPD, berapa jumlah maksimal dan minimal jumlah pemilih di TPS dan sebagainya,” urainya.

Reka juga menekankan agar PPS berfikir tentang tentang tugas, kewajiban dan etik penyelenggara serta tahapan program.

“Apa saja yang harus dilakukan dan apa saja proses dan target program tahapan. Kata kuncinya netral dan adil mulai dari dalam pikiran,” tandasnya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *