13 views

Arinal Diminta Lestarikan Adat Budaya Tanggamus

HARIANFOKUS.com – Jika terpilih menjadi Gubernur, Arinal Djunaidi,  harus bisa menjaga dan melestarikan adat istiadat,  budaya,  dan tradisi leluhur,  di Pekon yang ada di Tanggamus.  Agar tidak tergerus jaman,  dan kehilangan karakter daerah.

Karena,  bukan hanya ucapan,  tapi juga sudah banyak berdasarkan hasil penelitian, yang menunjukkan bahwa masyarakat di Pekon yang ada di Tanggamus masih melestarikan adat istiadat serta kebudayaan mereka, walaupun terjadi sedikit perubahan karena arus globalisasi,  tapi beberap kegiatan sosial seperti gotong royong antar warga dan ronda malam juga masih rutin dilakukan.

“Kehidupan Masyarakat yang telah berbaur dan menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat lainya khususnya dengan masyarakat Lampung pendatang dan penduduk Lampung asli,” kata Jhoni (40),  warga Talang Padang,  kepada Tim Media Berjaya, di sekitar Lapangan Tangsi,  lokasi Jalan sehat berhadiah,  menghadirkan Dewi Persik, dan Tata Aghata,  Sabtu (16/12).

Menurutnya,  masyarakat Pekon di Tanggamus dengan kehidupan sosial budaya yang perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat mempunyai garis keturunan kolonisasi Hindia Belanda di era lampongsche Volksbank pada tahun 1921.

“Diantaranya dapat dilihat meliputi peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian hidup, sistem kemasyarakatan, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan dan religi,” katanya. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *