10 views

PDI-P Mainkan ‘Kamis Keramat’

HARIANFOKUS.com – Rabu (3-1) petang beredar informasi di kalangan wartawan bila DPP PDI-P akan mendeklarasikan pasangan cagub-cawagub Lampung, Kamis (4-1) di markas besarnya, Jln Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada info tersebut dinyatakan, dalam deklarasi yang akan dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai itu, diundang Ketua, sekretaris dan bendahara DPD PDI-P Lampung, wakil Ketua bidang pemenangan pemilu DPD PDI-P Lampung Dan 15 Ketua DPC PDI-P se-Lampung. Mereka yang diundang, wajib memakai pakaian kebesaran partai, yaitu merah hitam.

Lalu bagaimana kesiapan cagub yang digadang-gadang memperebutkan perahu PDI-P yaitu Herman HN dan Ridho Ficardo? Menurut penelusuran, keduanya telah berada di Jakarta.

Rahmat Husein, LO Herman HN, menegaskan, Herman HN sore tadi telah berangkat ke Jakarta didampingi istrinya, Eva Dwiana.

Sedang Ridho Ficardo, menurut Levi Tuzaidi, LO-nya, sejak kemarin memang sudah ada di Jakarta untuk menjalankan tugas selaku Gubernur Lampung.

Baik Rahmat Husein maupun Levi menyatakan, jagoannya sudah mendapat kabar aakann adanya acara deklarasi di DPP PDI-P besok pagi.

Terpisah, pakar politik Lampung Robi Cahyadi mengatakan, Herman HN dan Ridho memiliki peluang yang sama untuk diusung partai banteng moncong putih ini.

“Ya kalau enggk Herman, ya Ridho lah. Peluang keduanya untuk diusung PDIP yakni 50-50. Herman HN dan Ridho punya keunggulan dan basis massa.Saat ini tinggal menunggu siapa yg direstui dan diperkenankan oleh Bu Mega (Ketua Umum PDIP),” kata Robi.

Menurut Dosen Unila ini, PDIP pasti memiliki itung-itungan yang matang dalam menentukan jagoannya untuk maju pilgub.

“Apakah kader internal (Herman) atau eksternal (Ridho) yang wakilny dari internal PDIP.Jika PDIP berani mengajukan kader internal (Herman) baik untuk kaderisasi. Tetapi jika PDIP pragmatis ingin menang, dan misalnya elektabilitas dari hasil survei internal PDIP Ridho unggul dari Herman, maka PDIP wajib mendukung Ridho,” terang dia.

Demikian juga disampaikan pakar politik Darmawan Purba, menurut dia kader internal yang memiliki kans besar diusung PDIP yakn Herman HN, sementara eksternal petahana paling berpeluang.

“Rekomendasi PDIP tetap akan menimbang kader partainya sendiri mengingat kursi PDIP cukup mencalonkan sendiri dan terdapat kader-kader PDIP yang memiliki elektabilitas yang kompetitif salah satunya Herman HN,” ujarnya.

“Kalaupun rekom PDIP untuk calon gubernur bukan kader tetapi mengambil balon wagubnya. Maka petahana yang berpeluang mendapat rekom. Hal ini terjadi dengan syarat ada sinyal koalisi nasional atau tukar guling koalisi antar Demokrat dengan PDIP di daerah/provinsi lainnya,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *