41 views

Hasil Tes Kesehatan Menentukan Nasib Bakal Calon

HARIANFOKUS.com – Tim ahli medis telah rampung menggelar tes kesehatan bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Lampung dan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang dipusatkan di RSUD Abdoel Moeloek sejak Kamis (11-1) sampai Minggu (14-1).

Penyerahan hasil tes kesehatan ini diserahkan langsung oleh Direktur RSUD AM Heri Joko, Ketua IDI dr. Asef Sukohar, Ketua Himpsi Rainyep, dan BNN Lampung dan diterima oleh KPU Lampung, KPUD Lampura, dan Tanggamus.

“Besok akan diumumkan hasilnya dalam rapat pleno terbuka bersama dokumen lainnya, ini sebagai transparansi dan akuntabiltas KPU sesuai dengan amanah UU,” kata Komisioner KPU Lampung, Handi Mulyaningsih dikantornya, Selasa (16-1).

Dalam rapat pleno terbukan yang diagendakan jam 10.00 Wib di Kantor KPU Lampung, masyarakat, LO, paepol, dan paslon dapat langsung menyaksikan hasil tes kesehatan.

“Nanti akan kita undang LO dan parpol serta paslon boleh hadir termasuk masyarakat. Hasilnya nanti apakah tim medis merekomendasikan bakal calon memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Lalu bagaimana jika tim medias merekomendasikan bakal calon tidak memenuhi syarat calon? Maka, parpol pengusung memiliki kewajiban untuk mengganti balon yang tidak memenuhi syarat calon.

“Jadi tim medis hanya menyerahkan status itu (memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat) kepada KPU, kalau tidak memenuhi syarat ya gugur dan parpol pengusung bisa mengganti kembali,” tutupnya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *