Winarti Berharap Musrenbang Tidak Sebatas Seremonial

HARIANFOKUS.com – Bupati Tulangbawang Winarti berharap kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten bukan hanya menjadi kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. “Ini kegiatan yang memang setiap tahun dilaksanakan. Jangan hanya sebagai kegiatan seremonial saja. Harus ada eksen dan titik fokus pembangunan kedepannya,” kata dia, saat menyampaikan sambutannya ketika membuka Musrembang, di aula Lantai ll, pemkab setempat, Kamis (22/3/2018). Dia berharap dari kegiatan ini setiap SKPD dapat lebih maksimal dalam membangun kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Kita harus berbenah. Perencanaan pembangunan kedepan harus tepat sasaran dan langsung dirasakan masyarakat,” kata Bupati perempuan pertama di Tulangbawang ini.

Winarti mengatakan, berdasarkan kroscek yang dilakukan pihaknya terhadap seluruh Kepala SKPD Pemkab Tulangbawang, penyusunan program pembangunan pada tahun ini belum sempurna 100 persen. Sehingga diharapkan program-program yang ada dapat menyentuh langsung masyarakat Tulangbawang.

Dalam pemaparan Winarti, semua program penyusunan rencana pembangunan Kabupaten Tulangbawang belum sepenuhnya sinkron dengan keinginan Aparatur Kampung Tulangbawang.

“Karena saya lihat apa yang sudah ada dan disusun oleh masing – masing SKPD Pemkab Tulangbawang kita ini tidak klop baik dengan seluruh camat di 15 Kecamatan, ataupun keingianan masyarakat se Tulangbawang,” katanya, pada saat membuka kegiatan Musrenbang Pemkab Tulangbawang tingkat Provinsi Lampung tahun 2019, di kantor Bupati Tulangbawang,
Winarti menerangkan, hal tersebut sangat berdampak pada keinginan dan kemauan dirinya dalam membangun Tulangbawang ke depan.

“Jadi terpaksa hal ini saya sampaikan, karena jujur saja, saya kurang setuju dan sangat tidak sepaham dengan program dan kegiatan yang anda kerjakan di tahun ini,” terangnya.

Lanjut Winarti, dalam menyusun program harus mengutamakan muatan lokal terlebih dahulu kemudiaan baru yang lainnya. Sehingga, semuanya bisa sama dan sinkron dengan apa yang diharapkan.

Sementara Pjs Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Bapeda Provinsi Lampung Tampil Taufik Hidayat mengatakan jika Pjs Gubernur Provinsi Lampung berpesan kepada Bupati Pemkab Tulangbawang supaya dalam menyusun rancangan pembangunan RKPD tahun 2019 mendatang dapat lebih mengutamakan dan mendahulukan tingkat pengangguran yang ada di Lampung.

“Karena tingkat pengangguran kita semakin bertambah, jadi kami minta semua program pembangunan yang akan disusun tentunya selain harus kita sinkronkan juga semuanya harus bersifat strategis, demi tercapainya pembangunan yang maju dan layak bagi masyarakat kedepan,” jelasnya.

Kepala Bapedalitbang Tulangbawang Ir. Antoni menjelaskan jika tujuan dari digelarnya kegiatan Musrenbang tingkat Provinsi Lampung tersebut guna mensinkronkan semua program pembangunan antara SKPD Pemkab Tulangbawang sesuai dengan yang telah di bahas bersama masyarakat melalui Musrenbang tingkat kecamatan lalu.

“Supaya apa yang menjadi keinginan baik pimpinan maupun masyarakat kita bisa terwujud demi tercapainya pembangunan yang merata dan berdaya saing sehingga target kita dalam mensejahterakan masyarakat Tulangbawang kedepan dapat tercapai,” tutupnya.(saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *