4 views

Panwas Balam Temukan DPS Ganda

HARIANFOKUS.com – Ketua Panitia pengawas Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung, Candrawansah, Senin (26-3) melakukan pengawasan langsung terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diumumkan oleh PPS di Kelurahan sesuai wilayah kerjanya masing-masing. Dari beberapa kelurahan yang telah dikunjunginya, Ketua Panwas kota Banadarlampung, Candrawansah menilai jika DPS yang diumumkan di kantor kelurahan yang dikunjunginya saat pengawasan tersebut, masih terdapat nama ganda.

“Dari Sampel acak di DPS yang telah diumumkan PPS masih dtemukan nama ganda,” ujarnya di kantor Panwaslu Kota Bandarlampung, Selasa (27-3).

Ditambahkannya jika data DPS yang dilihatnya di beberapa Kelurahan yang dikunjunginya itu merupakan sampel, dan tidak menutup kemungkinan jika di kelurahan lainnya bisa dtemukan kesalahan serupa.

”Saya kemarin ke Sukabumi, Way Halim, Rajabasa berkaitan dengan pengawasan DPS, pengakuan dari PPS sendiri menyebutkan bahwa ditemukan DPS yang ganda, tidak sesuai domisili, contoh di TPS 11 Sukabumi ada pemilih yang seharusnya di tps 13,” terangnya.

Dilanjutkannya, dalam penetapan DPS, perlu ketelitian dan kecermatan agar data yang dihasilkan benar-benar akurat dan valid sehingga tidak lagi tejadi kesalahan nama ganda, identitas salah dan domisili tidak sesuai.

“Saya juga telah menginstruksikan kepada Panwascam dan PPL untuk mencermati DPS tersebut dan berkoordinasi dengan PPK dalam rangka memperbaiki DPS yg telah diumumkan  oleh PPS, supaya didapat DPT yang valid ketika telah ditetapkan,”pungkasnya.(HF)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *